Jakarta (ANTARA) - Real Betis memaksa Barcelona menelan kekalahan perdana sejak ditangani Xavi Hernandez seusai membungkam tim tuan rumah itu dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-16 Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Sabtu.

Gol semata wayang Juanmi sama sekali tak mendapat jawaban meskipun Barca sepanjang laga mendominasi nyaris 63 persen penguasaan bola.

Kemenangan membuat Betis naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 30 poin, sedangkan Barcelona masih jauh di urutan ketujuh dengan 23 poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kiper Marc-Andre ter Stegen sudah dibuat sibuk mengamankan gawang Barcelona saat laga baru berusia dua menit untuk menggagalkan penyelesaian Juanmi atas umpan silang Hector Bellerin.

Barcelona balas menekan melalui tembakan jarak jauh Philippe Coutinho yang belum tepat sasaran, lantas mantan bintang Liverpool itu kembali gagal mengkonversi peluang dari umpan tarik Jordi Alba karena penyelesaiannya bisa dihalau oleh kiper Rui Silva.

Babak pertama berakhir tanpa gol dan sorotan utama justru mengarah pada talenta 17 tahun Barca, Gavi, yang harus meninggalkan lapangan setelah kepalanya terkena bola sapuan keras Bellerin pada menit ke-30.

Tujuh menit memasuki babak kedua gawang Barcelona bobol lantaran Ter Stegen terkecoh umpan silang Aitor Ruibal dan bola dimanfaatkan Juanmi, tetapi beruntung bagi tuan rumah gol itu belakangan dianulir karena offside.

Baca juga: Xavi akui Barcelona beruntung bisa kalahkan Villarreal

Xavi berusaha mengubah keadaan dengan melakukan pergantian ganda, memasukkan Ousmane Dembele dan Frenkie de Jong, masing-masing menggantikan Coutinho dan Nico Gonzalez pada menit ke-58.

Taktik itu tampaknya akan membuahkan hasil sebab tiga menit kemudian Dembele nyaris membuka keunggulan Barcelona, sayang tembakannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Dembele mengambil alih peran sebagai motor serangan utama Barca, tapi di waktu bersamaan ia gagal menyajikan penyelesaian akhir yang bagus dan berkali-kali membuang peluang.

Kegagalan-kegagalan itu harus dibayar mahal, sebab pada menit ke-79 lini belakang Barca kewalahan mengantisipasi serangan balik Betis yang dipimpin Sergio Canales dan Juanmi mencetak gol untuk membawa tim tamu memimpin.

Setelah menerobos lini pertahanan Barca, Canales mengirimkan umpan kepada Cristian Tello yang cermat meneruskan bola untuk diselesaikan Juanmi yang bebas tanpa kawalan untuk menaklukkan Ter Stegen.

Barcelona mencoba menyamakan kedudukan, tetapi tidak ada gol yang tercipta di sisa laga dan Betis berhak membawa pulang tiga poin dari Camp Nou.

Baca juga: Kalahkan Villarreal 1-0, Sevilla terus tempel Real Madrid
Baca juga: Gol semata wayang Benzema bawa Real Madrid taklukkan Athletic Bilbao

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021