Jakarta (ANTARA) - Hakan Calhanoglu memimpin Inter Milan menggulung AS Roma dengan skor 3-0 dalam laga pekan ke-16 Liga Italia di Stadion Olimpico, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Gelandang asal Turki itu membuka keunggulan Inter pada menit ke-15 dengan tendangan langsung dari sepak pojok yang mengecoh para pemain Roma termasuk kiper Rui Patricio dan bersarang di area tiang dekat.

Calhanoglu lantas mengirimkan umpan matang kepada Edin Dzeko yang menyambutnya dengan tembakan voli untuk menggandakan keunggulan Inter pada menit ke-24.

Catatan itu membuat Calhanoglu kini telah membukukan lima gol dan empat assist di Liga Italia, sejak menyeberang ke Inter dari rival sekotanya AC Milan.

Baca juga: AC Milan sementara rebut posisi puncak usai atasi Salernitana

Gol ketiga Inter dicetak oleh Denzel Dumfries, yang melompat menjatuhkan diri untuk menanduk umpan silang apik kiriman Alessandro Bastoni enam menit jelang turun minum.

Roma nyaris tidak mampu menciptakan ancaman sama sekali ke arah gawang Inter sepanjang laga, setelah hanya memiliki sekira 34 persen penguasaan bola.

Gol-gol yang bersarang ke gawang Roma membuat Inter menyamai rekor kesuburan tandang mereka berupa 18 laga tandang beruntun, yang juga pernah diraih pada Oktober 1950 s.d. September 1951.

Lebih dari itu, kemenangan kali ini membawa tim besutan Simone Inzaghi menanjak naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 37 poin, hanya terpaut satu poin dari Milan yang sekira dua jam lalu naik ke puncak.

Baca juga: Hadapi AS Roma di Liga Italia, Inter Milan masih diterpa badai cedera

Posisi Inter belum sepenuhnya aman, sebab Napoli (36) baru main dalam laga lebih larut menjamu peringkat keempat Atalanta.

Sedangkan Roma, yang menelan kekalahan keempat dalam enam pertandingan terakhir, tertahan di posisi kelima dengan 25 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Di pertandingan selanjutnya, Inter akan menjamu Cagliari di Giuseppe Meazza pada Minggu (12/12) pekan depan dan Roma sehari kemudian kedatangan Spezia di Olimpico.

Sebelum itu, pada Selasa (7/12), Inter bakal terlebih dulu bertandang ke Spanyol menghadapi Real Madrid memburu status juara Grup D Liga Champions, sedangkan Roma dua hari sesudahnya terbang ke Bulgaria bertamu ke markas CSKA Sofia dalam laga pemungkas penyisihan grup Liga Conference.

Baca juga: Manchester City incar Dusan Vlahovic

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021