Keluarga Middleton "Terkuras" Usai Nikahkan Kate

Keluarga Middleton "Terkuras" Usai Nikahkan Kate

Pangeran William dan Kate Middleton menaiki kereta kuda bersama menuju istana Buckingham. (ANTARANews/BBC World News)

Jakarta (ANTARA News) - Pernikahan abad ini antara Pangeran William-Kate Middleton memakan biaya mahal, dan keluarga Middleton juga lumayan terkuras.

Menjelang pernikahan, keluarga Middleton memborong semua kamar  di hotel bintang lima Goring, tepatnya 71 kamar di hotel dekat Istana Buckingham. Harganya 85 ribu pound (sekitar Rp1,2 miliar) belum termasuk  suite tempat Kate bermalam yang tidak disebutkan tarif resminya.

Sehari setelah pernikahan, keluarga itu check-out. Adik Kate yaitu Pippa (27) melangkah keluar hotel di depan orang tuanya, Carole dan Michael serta si adik, James (23).

Mereka check-out dua jam setelah kerabat terakhir meninggalkan hotel tersebut. Sebelumnya, di hotel itu ada pesta  pernikahan yang antara lain di hadiri pangeran Harry dan pacarnya yang putus-nyambung, Chelsy Davy.  Sementara itu, Pangeran William dan Kate menghadiri resepsi di Istana Buckingham.

Kate juga menjamu 120 teman dan kerabat dengan hidangan ala buffet. Ongkos dua kali pesta di hotel Goring diperkirakan 25 ribu pound.

Gaun pengantin Kate rancangan Sarah Burton disebut-sebut menghabiskan 40 ribu pound. Baju Carole buatan Catherine Walker harganya sekitar 10 ribu pound, anting yang dipakai Pippa maupun aksesori Michael dan James menghabiskan 30 ribu pound.

Sepatu pengantin rancangan Alexander McQueen ditambah rangkaian bunga paling tidak harganya 3 ribu pound. Morning suits untuk Michael dan James buatan Gieves & Hawkes harganya 10 ribu pound dan baju keluarga Middleton untuk pesta malam harganya 20 ribu pound.

Keluarga yang punya bisnis online event organizer khusus resepsi itu  kemungkinan iuran 10 ribu pound untuk pesta di Buckingham.

Sebagian besar biaya memang dari Pangeran Charles tapi keluarga Middleton juga ikut menyumbang. Rincian biaya tersebut pastinya akan tetap rahasia.

Menurut Chas Roy-Chowdhury dari Association of Chartered Certified Accountants,  jika iuran yang dikeluarkan adalah 250 ribu pound artinya hal itu lumayan menguras keluarga Middleton.

"Tapi, mereka punya cukup waktu untuk mempersiapkan biaya dan menjadwal ulang tagihan-tagihan. Iuran pernikahan itu tak akan membuat mereka kehabisan uang tapi mungkin membuat mereka terkuras."

Total biaya pernikahan termasuk pengamanan hingga pemungutan sampah diperkirakan 10 juta pound atau sekitar Rp143 miliar. Sebagian besar tentu dibiayai oleh Istana Buckingham.
(A038/A038)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Kerajaan Inggris sumbang 60 miliar dana kemanusiaan untuk Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar