Jakarta Fashion Hub diharapkan gerakkan industri tekstil-kreatif

Jakarta Fashion Hub diharapkan gerakkan industri tekstil-kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan Jakarta Fashion Hub di Jalan Teluk Betung Nomor 33, Jakarta, Sabtu (5/12/2021). ANTARA/HO-Asia Pacific Rayon.

karya fesyen nasional bisa semakin lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap 
Jakarta Fashion Hub (JFH) menjadi penggerak industri khususnya di bidang fesyen, tekstil dan ekonomi kreatif berkelanjutan di dalam negeri.

"Kami berharap via Jakarta Fashion Hub, penciptaan karya fesyen nasional bisa semakin lebih baik, memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dan karya Indonesia semakin siap bersaing mendunia," kata Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu.

Menparekraf Sandiaga Uno meresmikan agenda itu pada Sabtu, (4/12) dengan penandatanganan prasasti di Gedung Jakarta Fashion Hub, yang berlokasi di Jalan Teluk Betung Nomor 33.

Menurut Sandiaga, peluang pasar ekonomi kreatif dan fesyen masih sangat terbuka di Indonesia.

Oleh karenanya, pemerintah terus berusaha menyediakan bahan baku terbaik untuk industri fesyen, menyusun program yang mendukung Instruksi Presiden.

Upaya tersebut dilakukan untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat mode fesyen dunia serta menyosialisasikan semangat "Bangga Buatan Indonesia" dan "Semuanya Ada Di Sini".

Direktur Asia Pacific Rayon, Basrie Kamba, mengatakan Jakarta Fashion Hub diharapkan memberikan solusi bagi para "creativeprenur" yang selama ini masih sulit untuk mengembangkan model bisnisnya.

"Kami berharap semakin banyak generasi muda ikut serta menggali potensi dan ide kreatif dalam menghasilkan produk mode asli buatan Indonesia yang mampu mendunia," kata Basrie.

Jakarta Fashion Hub juga berkolaborasi dengan multipihak untuk mendorong pengembangan material tekstil berbasis serat rayon asli Indonesia.

Potensi kerja sama ini akan memberikan manfaat kepada masing-masing pihak senilai total Rp1 miliar, baik dalam bentuk kain rayon, ketersediaan ruang kreatif, dan aktifitas promosi.

Jakarta Fashion Hub menjadi tempat yang menawarkan tempat untuk merancang konsep, mendesain produk fesyen hingga memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia seperti area workshop, co-working space, studio foto serta kain siap beli.

Dengan 3.900 anggota aktif, Jakarta Fashion Hub telah berkolaborasi dengan sedikitnya 50 brand/desainer fesyen dalam negeri dan menyelenggarakan, pameran fesyen, belanjar virtual serta webinar seputar fesyen berkelanjutan.

Baca juga: Pemerintah akan rancang ekosistem bisnis industri fesyen

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemdikbudristek dukung fesyen tanah air dengan kolaborasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar