Sukabumi (ANTARA News)- Pemerintah Provinsi Jawa Barat rencananya akan membangun lapangan terbang di daerah Citarate, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kata pejabat berwenang

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi Dodi Sumantri kepada ANTARA di Sukabumi, Minggu mengemukakan, pembangunan lapangan terbang di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi tersebut merupakan bentuk perhatian dari Pemprov yang ingin membangun wilayah selatan daerah itu.

"Di wilayah selatan Sukabumi sangat minim pembangunan, maka dari itu Pemprov Jabar rencananya akan segera membangun lapangan terbang," katanya.

Namun, pihaknya juga belum mendapatkan kepastian kapan rencananya pembangunan lapangan terbang tersebut direalisasikan karena masih dalam kajian pihak Pemprov.

"Kami belum tahu kapan realisasinya, karena masih dalam kajian pihak pemprov," tambahnya.

Ia mengatakan, rencana pembangunan lapangan terbang ini bukanlah permintaan dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi, tetapi sebagai bentuk pehatian Pemprov Jabar yang disebabkan minimnya insfrastruktur di wilayah selatan.

"Namun, jika pembangunan ini terealisasi maka, di Jabar hanya akan ada dua daerah yang memiliki lapangan terbang selain Kabupaten Ciamis," katanya.

Saat ini, Pemkab Sukabumi terus melakukan pembangunan di wilayah selatan untuk menunjang akses jalan dan insfratruktur lainnya agar di wilayah tersebut bisa terdorong ekonominya.

Bahkan jika lapangan terbang ini bisa direalisasikan maka bisa sangat menguntungkan bagi perkembangan sektor pariwisata dan perekonomian di wilayah tersebut khususnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Ahmad Jajuli mengatakan bahwa Pemkab Sukabumi rencananya akan memanfaatkan 1.000 hektare lahan terlantar di Kabupaten Sukabumi yang tujuannya untuk pengentasan kemiskinan.

"Lahan tersebut akan digunakan untuk penanaman komoditas pangan dan perkebunan dan progam ini kami namakan bedah desa," kata Jajuli.
(*)

 



 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011