tetap komitmen untuk ikut
Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara International Youth Championship (IYC) 2021,
​​​​Pancoran Soccer Field (PSC) menyatakan klub Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid,  tetap berkomitmen untuk mengikuti turnamen tersebut tahun depan.

"Rekan-rekan ketiga klub yang sudah berpartisipasi dengan memberikan 'confirmation letter' pada kami tetap komitmen untuk ikut dalam International Youth Championship tahun depan," kata Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) I Gede Widiade dalam keterangan melalui Youtube di Jakarta, Minggu.

Meskipun turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 ditunda hingga waktu yang tidak dapat ditentukan, turnamen akan diselenggarakan ketika pandemi COVID-19 sudah dinilai tertangani.

Menurut Gede, ketiga klub dan sponsor utama dari Dubai memahami penundaan IYC 2021 sebagai upaya Indonesia dalam mencegah penyebaran varian baru COVID-19, Omicron, melalui kegiatan bersifat internasional.

"Kami akan menyelenggarakan (IYC 2021) dengan harapan apabila pandemi sudah tertangani dengan bagus, melandai dan keadaan sangat memungkinkan untuk memulai kembali," kata dia.

Oleh karena itu, ia pun terus menanti kabar terbaru dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemprov Bali terkait pelaksanaan kembali turnamen IYC 2021.

Di sisi lain, PSC selaku penyelenggara juga memohon maaf kepada para penggemar dari masing-masing klub atas penundaan turnamen IYC 2021.

"Saya tahu mungkin penggemar Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, kecewa tapi ini penundaan yang insya Allah semoga dampak positifnya akan kita rasakan," kata dia.

Adapun rangkaian pelaksanaan turnamen Indonesia Youth Championship (IYC) 2021 pada 4-11 Desember, termasuk agenda peluncuran awal atau "soft launching" Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, resmi ditangguhkan.

Turnamen IYC 2021 diikuti tiga klub dari Spanyol, yakni Real Madrid U-18, FC Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, sedangkan Indonesia menurunkan Indonesia All Stars U-20.

Indonesia All Stars U-20 berisi pemain-pemain yang telah diseleksi secara ketat sejak Juni lalu. Ada ribuan peserta yang mendaftar, namun hanya ada 18 pemain yang lolos dan menjalani pelatihan.

Gelaran IYC 2021 sejatinya dimulai dari fase grup yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali, pada 4-8 Desember mendatang.

Baca juga: IYC 2021 diyakini menjadi program kebanggaan di tengah pandemi
Baca juga: Varian Omicron di laga final IYC 2021 akan diantisipasi Jakpro

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021