Rob di Pulau Pari telah surut pada Minggu

Rob di Pulau Pari telah surut pada Minggu

Situasi pemukiman di Pulau Pari, Kepulauan Seribu setelah rob surut pada Sabtu (4/12/2021). (ANTARA/ HO-Kelurahan Pulau Pari

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Lurah Pulau Pari Kepulauan Seribu, Muhammad Adriansyah mengatakan banjir pesisir atau rob yang melanda enam wilayah telah surut pada Minggu.

Adriansyah menjelaskan beberapa kawasan yang terkena dampak banjir rob, antara lain Jalan Ketapang RT 01/RW 01 Pulau Lancang, Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Klanceng Putih Pulau Lancang, Gang Empang RT 02/RW 03 Pulau Lancang, Pantai Mangrove Pulau Lancang, Pantai Pasir Perawan, dan Pantai Bintang Pulau Pari.

Baca juga: Rob landa enam lokasi di Pulau Pari Kepulauan Seribu

"Alhamdulillah sudah surut, banjir berlangsung sekitar satu jam lalu kemudian surut. Ketinggian air 15 cm," kata Adriansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Ia menuturkan sebanya 100 orang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membantu warga setempat menangani banjir akibat permukaan air laut pasang tersebut.

Petugas PPSU berupaya membersihkan rumah warga yang terdampak rob sejak Sabtu kamerin sore itu hingga Minggu akibat kenaikan permukaan air laut tersebut.

Baca juga: Pemerintah siapkan posko siaga bencana di Kepulauan Seribu Utara

Sementara itu, data Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Sabtu, tercatat ada 24 rukun tetangga (RT) yang tergenang air akibat banjir rob di pesisir utara Jakarta atau sekitar 0,079 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta.

Dua RT di antaranya berada di Kelurahan Pulau Pari dengan ketinggian air saat itu sempat mencapai 50 cm hingga 1,3 meter.

Baca juga: Rob timbulkan kemacetan di Lodan Raya menuju Pelabuhan Sunda Kelapa

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Banjir landa Pekalongan, ratusan warga terdampak mengungsiĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar