Bali (ANTARA) - Ganda putra asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi keluar sebagai juara turnamen akhir tahun BWF World Tour Finals 2021 setelah mengalahkan wakil Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada babak final yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Ganda putra peringkat satu andalan Indonesia ini dikalahkan dalam laga rubber game 16-21, 21-13, 17-21 setelah berjuang selana 61 menit.

Kevin/Marcus dan Hoki/Kobayashi langsung terlibat persaingan ketat dan kejar mengejar skor pun terjadi. Untuk sementara, Marcus/Kevin unggul dengan skor 11-6 sebelum akhirnya disaingi lawannya yang membalikkan keunggulan setelah bermain lebih sabar.

Titik balik terjadi di skor 15-13, di mana Hoki/Kobayashi mampu mengejar dengan dropshot andalan mereka hingga skor pun berbalik tertinggal bagi Minions menjadi 15-17.

Hoki/Kobayashi terus melenggang meninggalkan skor Kevin/Marcus, dan gim pun usai dengan keunggulan bagi Jepang lewat skor 16-21.

Baca juga: Dechapol/Sapsiree sapu bersih tiga gelar ganda campuran IBF 2021 

Masuk gim kedua, permainan Hoki/Kobayashi mengalami perubahan dan tekanan yang mereka lancarkan berkurang. Kondisi ini memberi ruang bagi Kevin/Marcus untuk menyerang dan menambah keunggulan poin 11-6.

Keunggulan terus dipertahankan pasangan peringkat satu dunia ini tidak hanya dengan pertahanan yang rapi, Minions juga beberapa kali memainkan teknik-teknik pukulan memukau namun mematikan. Di menit ke-38, Minions mengunci keunggulan 21-13 dan memaksa dimainkannya gim penentuan.

Setelah bermain lambat di gim kedua, Hoki/Kobayashi kembali meningkatkan performa mereka yang berujung keberhasilan mengunci keunggulan 6-0 atas Kevin/Marcus.

Kerja keras Kevin/Marcus untuk mengejar ketertinggalan menemukan titik terang saat mereka memperkecil selisih skor menjadi 8-10 dari ganda putra peringkat keempat itu. Perjuangan masih berlanjut saat Minions membalikkan keadaan dengan skor 15-14 di menit ke-56 setelah mengumpulkan poin demi poin.

Namun kondisi menggembirakan tak berlangsung lama bagi Kevin/Marcus. Akibat eror pengembalian, membuat Hoki/Kobayashi mencuri kesempatan untuk membalikkan keadaan menjadi 16-17.

Wakil Jepang ini terus menjaga konsistensi serangan smes dan dropshot serta drive rapat. Pertandingan pun berakhir dengan skor 21-17, menambah catatan gelar kedua bagi Hoki/Kobayashi dalam tiga pertemuan babak final dengan Minions secara berturut-turut dalam ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021. 

Baca juga: Minions ke semifinal WTF 2021 setelah menang rubber game 
Baca juga: Greysia/Apriyani sesali kekalahan tipis di semifinal WTF 

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021