Indonesia hadirkan produk ramah lingkungan di Dubai

Indonesia hadirkan produk ramah lingkungan di Dubai

Pengunjung melihat produk UMKM lokal di Paviliun Indonesia, Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab, menghadirkan produk ramah lingkungan buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Tanah Air.

"Gelaran Expo 2020 Dubai telah membuka kesempatan untuk para pelaku usaha Indonesia memamerkan aneka produk lokal yang tidak kalah saing dengan produk-produk luar," kata Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Didi Sumedi, dalam siaran pers, Minggu.

Apalagi aneka produk lokal yang dipamerkan menggunakan bahan baku ramah lingkungan sehingga kita dapat menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia dapat tetap berinovasi dengan kekayaan alamnya yang melimpah tanpa harus merusak lingkungan, katanya.

Produk yang dipamerkan pekan ini berasal dari UMKM pemenang Good Design Indonesia (GDI), menggunakan bahan baku dari rumput, bambu dan limbah kayu untuk membuat barang yang unik sekaligus bermanfaat.

Baca juga: Kuliner laut Indonesia dipamerkan di Expo 2020 Dubai

Salah satu produk yang dipamerkan pada acara ini berupa kontainer terbuat dari anyaman rumput purun danau. Terdapat juga kontainer dari bahan bambu.

Produk lainnya berupa limbah kayu yang disulap menjadi pensil. Berkat kombinasi dengan timah, pensil ini tidak mudah pecah dan isi pensil lebih awet karena tidak lekas habis.

Good Design Indonesia merupakan ajang rancangan terbaik berskala nasional untuk desainer dan pelaku bisnis Indonesia. Ajang ini menawarkan peluang bisnis untuk mendorong perekonomian bangsa melalui pertumbuhan ekspor sektor nonmigas.

Kementerian Perdagangan melalui program ini memberikan kesempatan pelaku bisnis untuk memamerkan produk mereka, mengikuti forum bisnis dan pertemuan bisnis dengan calon mitra atau investor (business matching) di luar negeri.

Gelaran Expo 2020 Dubai merupakan salah satu pintu bagi para pelaku bisnis Indonesia, yang terlibat dengan Good Design Indonesia, untuk memperkenalkan desain produk mereka.

Pameran di ajang internasional seperti Expo 2020 Dubai juga menjadi rangsangan bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan produk, termasuk juga meningkatkan nilai komersil produknya agar bisa meraih peluang ekspor.

Pameran bergilir (rolling exhibition) produk GDI di Paviliun Indonesia ini cukup beragam, mulai dari fesyen, dekorasi rumah sampai alat elektronik. Paviliun Indonesia mengganti produk pada pameran bergilir ini setiap minggu.

Baca juga: Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai menarik ratusan ribu pengunjung

Baca juga: Produk pemenang Good Design Indonesia tampil di Expo 2020 Dubai

Baca juga: Anggun terpukau pada kemeriahan Expo 2020 Dubai

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menyusuri tiga zona Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar