Liga Inggris

Fred beri Rangnick awal positif di Man United

Fred beri Rangnick awal positif di Man United

Pemain Manchester United Fred merayakan gol penentu kemenangan timnya saat menang 1-0 melawan Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Inggris 5 Desember 2021. (REUTERS/PHIL NOBLE)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang Brazil Fred mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-77 ketika Ralf Rangnick mencatat kemenangan dalam awal kiprahnya sebagai manajer sementara Manchester United dengan unggul 1-0 atas Crystal Palace dalam laga Liga Inggris di Old Trafford, Minggu malam.

United kesulitan menciptakan peluang bersih melawan tim asuhan Patrick Vieira yang terlatih baik tetapi Fred yang sering dikritik menaklukkan kiper Vincente Guaita dengan tendangan indah dari tepi kotak setelah mendapat umpan dari pemain pengganti Mason Greenwood.

Palace seharusnya unggul beberapa menit sebelumnya tetapi Jordan Ayew gagal memasukkan bola dari jarak dekat di tiang belakang setelah James Tomkins menyundul tendangan sudut.

United naik ke urutan keenam dalam klasemen liga dengan 24 poin atau tiga di bawah West Ham United yang menempati urutan keempat. Palace sendiri turun ke peringkat 12 dengan 16 poin.

Rangnick untuk pertama kalinya memimpin United setelah menggantikan manajer caretaker Michael Carrick pada Jumat. Dia masuk stadion dengan sederhana tanpa ada pengumuman mengenai kehadirannya.

Mantan pelatih RB Leipzig itu berjanji mengubah United menjadi "monster yang menekan" seperti yang dilakukan Juergen Klopp di Liverpool. Namun dia mengatakan pendekatan itu membutuhkan waktu agar benar-benar bisa dimainkan pemainnya.

Baca juga: Rangnick akui Man United punya skuad untuk bersaing di level tertinggi

Namun demikian sepertinya ada isyarat jelas mengenai pergeseran kepada permainan menekan itu pada 25 menit pertama ketika pemain-pemain depan United mengurung pertahanan Palace dan membatasi kemampuan mereka dalam menyerang.

Rangnick memilih formasi yang memasang Marcus Rashford dan Cristiano Ronaldo dalam duet serangan, sedangkan Jadon Sancho dan Bruno Fernandes beroperasi di belakang mereka.

Fernandes membuat peluang membuka skor setelah sebuah sundulan yang sangat baik kembali ke jalur larinya yang dilepaskan rekan senegaranya Ronaldo, namun tendangan dia diselamatkan oleh Guaita.

Diogo Dalot yang lagi-lagi lebih disukai dipasang ketimbang Aaron Wan-Bissaka pada posisi bek kanan, membuka peluang sebelum turun minum, tetapi tendangannya melambung dari gawang.

Baca juga: Misi berat Ralf Rangnick mengubah nasib Manchester United

Selanjutnya : babak kedua

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar