Taman Oasis Daan Mogot batal buka awal Desember

Taman Oasis Daan Mogot batal buka awal Desember

Lokasi Taman Oasis di kawasan Daan Mogot, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (9/11/2021). (ANTARA!Walda)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kehutanan dan Taman Kota Jakarta Barat Jauhari Arifien memperkirakan Taman Oasis yang ada di kawasan Daan Mogot, Grogol Petamburan, batal dibuka awal Desember ini untuk menekan penyebaran COVID-19.

Hal tersebut dikarenakan DKI Jakarta akan memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 diakhiri Desember.

"Desember ini mau naik level lagi kan, nanti tinggal tunggu arahan dari pemerintah pusat," kata Jauhari saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Hingga hari ini, taman yang baru selesai dibangun November ini belum sempat digunakan masyarakat. Jika sudah beroperasi nanti, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para pengunjung.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat merubah lahan rumah permanen jadi taman kota yang ramah anak di kawasan Daan Mogot, Grogol Petamburan.

Tempat yang bernama Taman Oasis ini berada tepat di samping Jalan Sekretaris, sebelah Mal Ciputra Jakarta Barat.

Sebelumnya, Jauhar mengatakan taman tersebut berdiri di atas lahan yang sebelumnya dibangun bangunan liar. "Dulu itu rumah tapi peruntukannya untuk hijau. Akhirnya dibeli sama Pemda dan kita jadikan taman," kata Jauhar.

Baca juga: 10 mobil tangki disiapkan untuk sedot genangan di taman kota dan jalan
Baca juga: Lahan rumah warga dijadikan taman ramah anak di Daan Mogot


Jauhar mengatakan, taman tersebut memiliki beberapa fasilitas seperti lapangan bulutangkis, lapangan basket, tempat duduk melingkar bergaya panggung teater untuk warga berkumpul, area bermain anak, jalur refleksi, toilet, mushola hingga tempat kebugaran terbuka.

Tidak hanya itu, Taman Oasis juga dilengkapi dengan hiasan air mancur yang hanya menyala tiga kali setiap hari. Konsep air mancur tersebut sesuai dengan tema taman yang bernama Oasis atau air.

Jauhar mengatakan fasilitas yang ada di lokasi tersebut merupakan hasil dari usulan masyarakat sekitar.

"Jadi semua fasilitas ini merupakan hasil dari 'Focus Grup Discussion' para warga sekita. Jadi sebelum dibangun, kita buka FGD untuk tampung saran masyarakat," kata dia.

Berdasarkan pantauan, taman tersebut masih tertata dengan rapi dan dipenuhi dengan beragam tanaman hias.

Dari ujung terlihat dua alat olah raga yang masih terbungkus rapi dan belum bisa digunakan. Di sebelahnya ada jalur refleksi yang mengarah ke tempat duduk melingkar bergaya panggung teater.

Tepat di sampingnya terlihat area bermain anak dan lapangan bulu tangkis yang masih dalam kondisi baru. Di samping lapangan bulu tangkis barulah terlihat sebuah tugu bertuliskan Taman Oasis yang dikelilingi oleh tiga titik air mancur

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar