"The Matrix Resurrections" lolos tayang di China

"The Matrix Resurrections" lolos tayang di China

Film "The Matrix Resurrections" (ANTARA/Warner Bros)

Jakarta (ANTARA) - Setelah mendapatkan lampu hijau dari badan sensor lokal pada akhir November, "The Matrix Resurrections" akhirnya mendapatkan tanggal rilis di China yakni 14 Januari 2022.

Dilansir The Hollywood Reporter, Senin, film yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini akan diluncurkan pada 16 Desember di bioskop dan 22 Desember di HBO Max Amerika Serikat.

Disney's "Jungle Cruise" sebelum dibuka di China pada bulan November beberapa minggu setelah rilis streaming Disney+ di AS. Film tersebut akhirnya menghasilkan 7 juta dolar AS.

"The Matrix Resurrections" saat ini adalah satu-satunya film AS yang dijadwalkan untuk rilis di China, karena negara tersebut secara radikal mengurangi jumlah konten buatan AS di bioskopnya.

Masih belum jelas apakah "Spider-Man: No Way Home" dari Sony/Marvel akan hadir di negara tersebut sebelum akhir tahun.

Waralaba "Matrix" adalah favorit penggemar di China. Sebagian besar penggemar menyukai dua film pertamanya "The Matrix" (1999) dan "The Matrix Reloaded" (2003) yang didapatkan melalui DVD bajakan.

"The Matrix Revolutions" yang juga dirilis pada tahun 2003 adalah film Hollywood pertama yang dibuka di China setiap hari.

Film ini mengangkat kisah Neo/Thomas A. Anderson (Reeves) dan Trinity (Moss) dua puluh tahun kemudian, dengan keduanya masih terjebak di dalam simulasi dunia yang dihasilkan komputer tetapi tanpa memori masa lalu mereka atau satu sama lain.

Film ini juga dibintangi oleh Jada Pinkett Smith (kembali ke waralaba) bersama dengan pendatang baru serial Yahya Abdul-Mateen II, Jessica Henwick, Jonathan Groff, Priyanka Chopra Jonas dan Christina Ricci.

Seperti semua film "Matrix" sebelumnya, "Resurrections" ditulis dan disutradarai oleh Lana Wachowski, dengan penulis Cloud Atlas David Mitchell dan Aleksandar Hemon ikut menulis angsuran ini.



Baca juga: "The Matrix Resurrections" rilis poster baru

Baca juga: Warners hadirkan web interaktif jelang rilis trailer "The Matrix 4"

Baca juga: Christina Ricci akan main di "Matrix 4"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar