Erick: BUMN gerak cepat bantu masyarakat terdampak letusan Semeru

Erick: BUMN gerak cepat bantu masyarakat terdampak letusan Semeru

Menteri BUMN Erick Thohir saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp/pri.

Dengan keberadaan perusahaan-perusahaan BUMN di daerah, kami memiliki sistem respons cepat jika terjadi bencana alam sehingga bala bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan perusahaan-perusahaan BUMN bergerak cepat dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana letusan Gunung Semeru.

"Dengan keberadaan perusahaan-perusahaan BUMN di daerah, kami memiliki sistem respons cepat jika terjadi bencana alam sehingga bala bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana," ujar Menteri Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram Kementerian BUMN @kementerianbumn di Jakarta, Senin.

Menurut Erick, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Jawa Timur dalam mempersiapkan bantuan bagi para pengungsi.

"Kita langsung berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur sehingga bantuan untuk para pengungsi langsung disiapkan," katanya.

BUMN menunjukkan respons gerak cepatnya membantu masyarakat yang terkena bencana letusan Gunung Semeru.

Dalam waktu kurang dari empat jam setelah erupsi pertama terjadi pukul 13.30 WIB, BUMN langsung menyalurkan bantuan.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), BUMN selalu siap sedia bergerak cepat apabila terjadi bencana di seluruh Indonesia.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta seluruh jajaran terkait, baik dari instansi pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bekerja cepat untuk mengatasi dampak letusan Gunung Semeru bagi masyarakat sekitar.

Wapres meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera melakukan langkah-langkah penanggulangan, antara lain mencari korban hilang dan menyiapkan tempat pengungsian.

Selain itu, kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Wapres meminta Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan bupati serta wali kota terkait untuk mendukung penanggulangan dampak bencana di masyarakat sekitar.

Baca juga: Pakar Unpad sebut erupsi Semeru tergolong dapat diperkirakan

Baca juga: Kementerian ESDM bantu pemulihan daerah terdampak erupsi Gunung Semeru

Baca juga: Antisipasi letusan Gunung Semeru, mitigasi bencana yang tak mudah

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri BUMN paparkan kebutuhan tahun 2045

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar