Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk mengerahkan tim Emergency Response Group (ERG) dan paramedis untuk membantu masyarakat korban letusan Gunung Semeru di Lumajang Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (4/12) sore.

"Hari ini, PT Timah memberangkatkan sembilan orang terdiri dari Tim ERG, paramedis dan perawat untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru Lumajang," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Senin.

Dalam memberikan bantuan kemanusiaan, tim gabungan dari PT Timah ini akan bergabung dengan Posko Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Siaga Bencana di Lumajang Provinsi Jawa Timur.

"Tim ERG ini telah cukup berpengalaman turun membantu korban bencana skala besar di Indonesia seperti Tsunami di Aceh, Banjir Bandang di Pandeglang, Gempa di Lombok, Gunung Merapi di Yogyakarta dan sejumlah bencana lokal lainnya," katanya.

Baca juga: BAZNAS taksir kerugian akibat letusan Semeru capai Rp310 miliar

Baca juga: BPBD Kabupaten Malang kirim personel bantu penanganan letusan Semeru


Salah satu dokter yang diberangkatkan, dr Zainal Arfan mengatakan dengan kondisi letusan Gunung Semeru, ada beberapa potensi bahaya kesehatan seperti ISPA, luka bakar, dan beberapa penyakit lainnya.

“Letusan gunung juga menebar banyak debu, ditambah cuaca udara menjadi lebih panas sehingga potensi terjadinya luka bakar dan juga ISPA. Makanya kami membawa masker, obat-obatan ISPA, kami juga membawa vitamin dan peralatan seperti antigen karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan tim medis di Posko untuk memberikan pertolongan kepada korban bencana.

“Kita koordinasi dulu, nanti apa saja yang menjadi kebutuhan spesifik warga karena ini tim pertama yang berangkat,” katanya.*

Baca juga: Jateng kirim bantuan logistik-sukarelawan penanganan letusan Semeru

Baca juga: Erick Thohir: BUMN gerak cepat bantu masyarakat bencana letusan Semeru

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021