Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan sumber daya manusia (SDM) untuk membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pemprov DKI Jakarta memberangkatkan delapan truk yang mengangkut bantuan logistik dan 60 anggota organisasi perangkat daerah (OPD)  ke Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Repower donasi APD dan logistik dukung KSBB DKI

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto di Jakarta, Senin, mengatakan bantuan logistik yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin sesuai dengan kebutuhan warga di lokasi bencana.

"Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kami kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang, dan koordinasi dengan baik menanyakan kondisi lapangan, serta kebutuhan apa yang diperlukan untuk bisa membantu warga di sana," ucap Sabdo.

Perwakilan OPD yang berangkat ke Lumajang, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Tagana Dinas Sosial; Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik).

Sabdo menuturkan pengiriman bantuan ini sebagai wujud kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan daerah lain di Indonesia dalam misi kemanusiaan, khususnya Kabupaten Lumajang yang saat ini sedang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami tidak melihat bantuan apa yang diberikan, tapi yang kita berikan sebagai wujud rasa kepedulian dan kebersamaan dalam bentuk kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk Lumajang. Ini bentuk kesetiakawanan, kebersamaan, kerja sama yang betul-betul kita wujdukan dengan nyata," ujar Sabdo.

Baca juga: BPBD DKI salurkan logistik ke sejumlah lokasi terdampak banjir

Hal senada juga disampaikan oleh Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin, kolaborasi dalam bentuk misi kemanusiaan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang menjadi korban dan terdampak erupsi Gunung Semeru.

Arifin menyampaikan kepada tim untuk melayani warga penyintas erupsi Gunung Semeru dengan sepenuh hati, sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi para korban berkat kehadiran tim dari Pemprov DKI Jakarta.

Khusus kepada personel Satpol PP, Arifin meminta supaya fungsi perlindungan masyarakat juga bisa diimplementasikan dengan baik di daerah terdampak bencana.

"Kalian harus berbangga hati karena berkesempatan untuk bisa memberikan tenaganya menjalankan tugas-tugas beberapa hari ke depan di lokasi bencana. Tunjukkan kalian dekat dengan korban, layani mereka, sentuh hatinya agar mereka yang sedang bersedih menjadi gembira dengan kehadiran kita. Ini menjadi catatan amal ibadah dan pahala buat kita semua," ucap Arifin.

Arifin meminta tim agar menjaga kekompakan dan keselamatan selama melayani warga di Kabupaten Lumajang. Selain itu, Arifin juga mengingatkan tim untuk menjaga nama baik DKI Jakarta selama bertugas di lokasi bencana.

"Misi kita membawa barang-barang logistik dan sebagainya sampai ke lokasi, silakan menyesuaikan kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di sana. Tetap jaga keselamatan dan kekompakan Anda semua. Tidak ada kegiatan yang mandiri, ini misi kemanusiaan membantu saudara yang terkena musibah. Jadi semua kegiatan terkoordinir dan terawasi dengan baik," tutur Arifin.

Baca juga: Wagub akui daerah penyangga DKI minta bantuan penanganan banjir

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021