Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengharapkan Indonesia dan Malaysia dapat memperluas kerja sama di perbatasan kedua negara.

Kasad menyampaikan hal itu saat dia menerima kunjungan kehormatan dari Kasad Malaysia Jenderal Tan Sri Datuk Zamrose Bin Mohd di Jakarta, Senin.

Kedatangan Kasad Malaysia ke Mabes TNI AD, Jakarta, merupakan kunjungan pertama dia setelah Jenderal Dudung resmi dilantik sebagai Kepala Staf TNI AD pada bulan lalu.

Dalam pertemuan itu, Jenderal Dudung berharap TNI AD dan Angkatan Darat Malaysia dapat memperluas kerja sama yang bukan hanya latihan gabungan.


Kegiatan lain, seperti kegiatan sosial di wilayah perbatasan kedua negara, penanggulangan bencana, dan lainnya. Melalui berbagai kegiatan sosial diharapkan baik TNI AD maupun Tentara Malaysia betul-betul semakin dicintai oleh masyarakat di dua negara tersebut, kata Dudung saat menyampaikan isi pertemuan itu sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD.

Dudung, dalam sambutannya, menyampaikan militer Indonesia dan Malaysia telah membina hubungan yang erat, karena dua negara itu berada dalam satu kawasan.

Tidak hanya itu, Indonesia dan Malaysia juga berbagi wilayah perbatasan darat di Pulau Kalimantan dan perbatasan laut di sepanjang Laut China Selatan, Selat Malaka, dan Laut Sulawesi.

Dalam siaran tertulis yang sama, Jenderal Tan Sri Datuk Zamrose menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan penuh rasa persaudaraan dari Jenderal Dudung.

Ia berharap kerja sama antara dua negara, utamanya pada bidang militer, dapat terus menguat ke depannya.

“Hubungan bilateral antara TNI AD dengan Tentara Malaysia sudah terjalin dengan baik sejak 1958, yang mana sampai saat ini kerja sama tersebut telah memainkan peranan amat penting dalam pembentukan rangkaian keselamatan bagi kedua negara,” kata Kasad Malaysia.

Jenderal Tan Sri Datuk Zamrose dalam kunjungannya ke Indonesia juga dijadwalkan menemui Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021