Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengunjungi lokasi terdampak letusan Gunung Semeru di Jawa Timur, Senin, dan memastikan penanganan bencana alam berjalan dengan baik, mulai dari evakuasi korban hingga membantu warga.

"Semuanya berjalan dengan baik. Teman-teman dari Basarnas, BNPB, TNI, Polri semuanya bekerja sangat baik, bersinergi," kata Sigit dalam keterangan tertulis Divisi Humas Polri.

Baca juga: Kapolri pantau langsung penanggulangan letusan Gunung Semeru

Baca juga: Polri gelar Operasi Aman Nusa II membantu tanggulangi letusan Semeru

Dalam peninjauannya, Sigit mengatakan kesiapan dari satgas untuk melakukan langkah-langkah mulai dari merawat masyarakat yang ditemukan dalam kondisi luka, kemudian ada juga kesiapan dari tim DVI Polri untuk mendapatkan masukan dari masyarakat sekitar yang tentunya dilakukan dengan kegiatan evakuasi dan pencarian bagi masyarakat yang dilaporkan hilang.

"Tadi dilaporkan ada 22 orang yang ditemukan dan ada proses mengenali antemortem dan postmortem," ujar Sigit.

Sigit menuturkan, di lokasi juga ada kegiatan satgas gabungan yang mengelola masyarakat yang rumahnya terdampak letusan ke tempat pengungsian. Selain itu, satgas gabungan juga melakukan trauma healing kepada korban.

Setidaknya, kata Sigit, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan satgas gabungan, baik itu jangka pendek maupun menengah.

Langkah jangka pendeknya, satgas gabungan melanjutkan proses pencarian dan evakuasi terhadap korban yang belum ditemukan.

"Jangka menengahnya, tadi kami mendapat banyak masukan dan harapan dari masyarakat karena ada jembatan putus yang menghubungkan lokasi Lumajang ke arah Malang," kata Sigit.

Menurut jenderal bintang empat itu, hal penting dan perlu dilakukan adalah langkah cepat untuk membuat jalur alternatif transportasi yang baru agar distribusi bantuan dan perawatan korban luka bisa berjalan dengan baik.

"Ini perlu ada langkah cepat, alternatif jalur transportasi yang baru dan ini sangat penting," kata Sigit.

Sigit pun meminta satgas gabungan merelokasi masyarakat sekitar lokasi letusan Gunung Semeru. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi korban jiwa jika terjadi letusan susulan.

Dalam kesempatan itu, Sigit menyempatkan untuk meninjau langsung posko darurat bencana, penanganan rumah sakit, Posko DVI Polri dan tempat trauma healing.

"Kami memberikan semangat ke rekan-rekan yang bertugas dan kita harapkan seluruh kegiatan pascabencana bisa terlaksana dengan baik dan semuanya bisa menjalankan aktivitas sehari-hari, setelah tahapan-tahapan yang dilaksanakan," kata Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2021