Masyarakat di sekitar lokasi akan diuntungkan.
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, ketika Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara menjadi destinasi wisata super prioritas warga setempat yang akan diuntungkan.

"Masyarakat di sekitar lokasi akan diuntungkan," kata Gubernur Olly, saat berdialog dengan tim Panitia Kerja (Panja) Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), DPR-RI, di Manado, Senin.

Gubernur mengatakan, untuk menopang hal itu, Pemerintah telah membangun sarana dan prasarana rumah tinggal sebanyak 309 unit.

Bangunan tersebut, ujar dia lagi, sudah selesai dibangun dan telah digunakan, sehingga masyarakat ikut merasakan pembangunan ketika wisatawan datang berkunjung.

Ia menambahkan, Pemerintah juga membangun infrastruktur penunjang lainnya untuk KEK Pariwisata Likupang, di antaranya jalan dan jembatan.

Gubernur Olly juga menyentil pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung untuk pengembangan industri perikanan.

"Sebelumnya ada problem, tapi itu sudah aman. Para investor yang berkomitmen sudah mulai jalan,” katanya pula.

Ketua Panja 'Sustainable Development Goals' (SDGs) BKASP DPR-RI Sihar Sitorus mengatakan, kunjungannya ke Sulut untuk melihat tujuan pembangunan berkelanjutan.

Ada sebanyak 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yang harus digolkan, yaitu pilar sosial terdapat lima tujuan, pilar pembangunan ekonomi lima tujuan, pilar pembangunan lingkungan enam tujuan serta pilar hukum dan tata kelola satu tujuan.
Baca juga: Wamendag dukung prioritaskan kawasan wisata Likupang Sulut
Baca juga: BRI siap dukung KEK Pariwisata Likupang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021