Jakarta (ANTARA) - Es krim kerap kali dicap sebagai dessert yang harus dihindari karena sifatnya yang dingin dan rasanya yang manis.

Padahal, es krim sendiri memiliki khasiat yang jarang diketahui. Selain mengandung vitamin dan mineral, mengonsumsi es krim di pagi hari bahkan dapat mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan.

Baca juga: Kini hadir es krim rendah kalori dan "vegan friendly"

"Secara ilmiah, makan es krim di pagi hari dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Agar semakin mendukung hal tersebut, kami menggunakan bahan-bahan premium dan perisa alami yang tersaji pada berbagai varian rasa es krim kami, sehingga nutrisi yang terkandung dapat semakin terjaga kualitasnya," kata Head of Marketing Trans Food and Beverage, Daniel Sahat, dalam keterangan resmi, Selasa.

Penasaran apa manfaat di balik makanan penutup favorit semua kalangan ini?

Membangkitkan suasana hati
Ketika makan es krim, tubuh akan menghasilkan hormon serotonin yang dapat membuat orang lebih bahagia. Jika pagi hari diwarnai oleh perasaan bahagia dan mood yang bagus, makan sisa hari akan terasa lebih menyenangkan.

Asupan nutrisi bagi tubuh
Di dalam kandungan es krim, terdapat bahan dasar susu sebagai penyumbang utama vitamin dan mineral yang ramah bagi kesehatan. Faktanya, es krim mengandung vitamin A, D, K, B12, kalsium, dan fosfor yang memiliki efek baik bagi kesehatan tubuh.

Sebagai pereda gejala flu
Sepintas, makanan atau minuman yang dingin seperti es krim dipandang sebagai sumber penyakit tenggorokan. Mengonsumsi makanan berbahan dasar susu ketika sedang flu itu disarankan. Tekstur lembut dari es krim akan membantu meringankan sakit pada tenggorokan, mengurangi dehidrasi, dan menambah asupan kalori yang hilang akibat tidak nafsu makan.

Baca juga: Sebabkan obesitas, iklan cokelat dan es krim anak dilarang di Spanyol

Sumber energi tambahan
Merasa lemas dan kurang bersemangat? Berkat kandungan gula di dalamnya, Anda bisa makan es krim untuk mendapatkan energi baru secara instan. Tidak hanya gula, es krim yang mengandung lemak dan protein ini bisa menjadi salah satu asupan bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Menjaga kekuatan tulang dan gigi
Susu identik dengan kandungan kalsium yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara alami. Oleh karena itu, Anda perlu mencari asupan kalsium dari berbagai bahan makanan atau suplemen supaya kondisi tulang tetap kuat.


Baca juga: Singapura punya Museum of Ice Cream, hiburan manis di tengah pandemi

Baca juga: Lima resep seru berbahan bayam, es krim sampai puding roti

Baca juga: Kapan anak boleh mulai makan es krim?

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021