Jakarta (ANTARA) - Aktor kenamaan Nicholas Saputra memperkenalkan tiga resep favoritnya dalam program "Miele Kitchen Takeover", yakni Nasi Bakul, Kerapu Tim Saus Nyonya dan Ayam Bakar Saus Kecap.

Dalam program tersebut, Nicholas mempraktikkan cara memasak hidangan Nasi Bakul menggunakan oven tiga fungsi Steam Oven DGC 7840 yang punya mode oven untuk hasil panggang yang garing atau mode steam untuk memasak makanan secara perlahan.

Baca juga: Kata Nicholas Saputra tentang privasi di medsos

Untuk proses memasak kerapu, Nicholas memakai Steam Oven DGM 7840 yang punya mode steam dapat digunakan untuk memasak hidangan secara perlahan dan mode microwave untuk membuat popcorn. Kombinasi mode rapid steam cooking memungkinkan pengguna untuk memasak hidangan steam dalam waktu singkat.

Sementara untuk memasak ayam bakar bumbu kecap, Nicholas memakai Oven H7860 BP yang dapat menghentikan proses memasak untuk hasil masakan sempurna dimana kompartemen oven dapat didinginkan sepenuhnya setelah proses memasak atau oven dapat makanan pada suhu penyajian dengan membuka dan menutup pintu otomatis. Fitur ini membuat hidangan matang tanpa menjadi terlalu matang (overcooked) meskipun konsumen tidak langsung mengeluarkan hidangan dari oven setelah proses masak usai.

Baca juga: Nicholas Saputra ungkap tantangan terbesar dari film "Paranoia"
Nasi Bakul (ANTARA/Nanien Yuniar)


Nasi Bakul

Bahan yang membuat nasi bakul ini jadi lebih mantap adalah penggunaan ikan gabus super yang membuat aroma lebih menguar dan rasanya lebih gurih.

Bahan:
Beras 1200 gram
Cabe rawit 45 gram
Bawang merah 100 gram
Bawang putih 110 gram
Daun salam 10 lembar
Sereh 50 gram
Lengkuas 60 gram
Ikan Gabus 80 gram (potong dadu dan goreng kering)
Santan kental 350 ml
Air 1600 ml
Garam

Cara memasak Nasi Bakul menggunakan Miele Steam Oven DGC 7840:

1. Campur santan kental dengan air, serai, daun salam dan lengkuas yang telah diiris. Tambahkan garam sesuai selera, kemudian panaskan di atas api kecil.
2. Campurkan air santan yang dipanaskan tadi dengan beras, masukan campuran air santan dan beras ke dalam Steam Oven DGC 7840.
3. Steam selama 30 menit dengan suhu 100°C.
4. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan ikan gabus hingga harum dan matang.
5. Keluarkan nasi dari dari Steam Oven DGC 7840 dan campurkan dengan tumisan bawang dan bahan lainnya.
6. Steam kembali selama 30 menit dengan suhu 100°C. Nasi bakul siap disajikan.

Baca juga: Lima sosok pahlawan film versi Jefri Nichol

Baca juga: Film "Paranoia" Riri Riza tayang perdana di BIFAN 2021

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021