Saham Australia dibuka lebih tinggi, terkerek energi pasca-minyak naik

Saham Australia dibuka lebih tinggi, terkerek energi pasca-minyak naik

Ilustrasi: Dua orang terlihat menggunakan telepon selularnya di antara layar monitor pergerakan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/Steven Saphore/aa.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa pagi, didukung oleh kenaikan saham-saham energi setelah harga minyak naik semalam di tengah harapan bahwa varian Virus Corona Omicron akan memiliki dampak ekonomi yang tidak terlalu merusak jika gejalanya terbukti sebagian besar ringan.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia terdongkrak 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 7.292,00 poin pada pukul 11.36 GMT. Indeks acuan ditutup 0,05 persen lebih tinggi pada Senin (6/12/2021).

Investor juga menunggu keputusan kebijakan bank sentral Australia (RBA) di kemudian hari, di mana diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya pada rekor terendah.

Distributor bahan makanan Metcash naik lebih dari 3,0 persen, adalah salah satu yang mendapatkan keuntungan tertinggi pada indeks acuan untuk sesi kedua berturut-turut, setelah laporan laba setengah tahun yang solid pada Senin (6/12/2021).

Di antara sub-indeks, saham energi memimpin kenaikan dengan bertambah 1,0 persen setelah harga minyak rebound hampir 5,0 persen semalam. Beach Energy Ltd menjadi top gainer, melonjak 3,21 persen, diikuti oleh Oil Search Ltd menguat 2,39 persen.

Baca juga: Wall Street naik saat Omicron reda, Indeks Dow Jones melonjak 646 poin

Oil Search juga didorong oleh laporan ke bursa yang mengatakan bahwa suara proksinya sangat mendukung tawaran pembelian 8,8 miliar dolar Australia (6,21 miliar dolar AS) oleh Santos.

Saham sektor teknologi menguat 0,82 persen dipimpin oleh Tyro Payments Ltd yang melonjak 4,48 persen, diikuti oleh Nextdc Ltd naik 2,63 persen.

Saham-saham keuangan menguat 0,46 persen dipimpin oleh Zip Co Ltd yang terangkat 4,15 persen, diikuti oleh Bank of Queensland Ltd bertambah 2,83 persen.

Bank of Queensland mengatakan bahwa pengeluarannya untuk tahun ini akan menjadi sekitar 1,0 persen lebih rendah, karena berfokus pada pemotongan biaya.

Di Selandia Baru, indeks acuan S&P/NZX 50 naik 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 12.671,47 poin. Penguat utama adalah Sky Network Television Ltd yang melambung 13,14 persen, setelah menaikkan prospek laba setahun penuh dan mengisyaratkan pemotongan biaya.

Baca juga: Saham Australia ditutup naik tipis terbantu komentar optimis menkeu

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar