Jakarta (ANTARA) - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menggelar seremonial penyambutan kedatangan delegasi G20 (Group of Twenty) dengan tradisi water salute.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, seremonial penyambutan delegasi yang mulai tiba pada pekan ini menghadiri Pertemuan Sherpa Ke-1, pada 7-8 Desember 2021 di Jakarta tersebut sekaligus menandakan kesiapan dukungan seluruh kegiatan Presidensi Indonesia G20 2022.

“Kami melakukan seremonial melalui tradisi water salute ini sebagai bentuk penyambutan dan penghormatan kepada seluruh delegasi G20. Di sisi lain, ini sekaligus menandakan Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung seluruh kegiatan pada Presidensi Indonesia G20 2022," kata Agus dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Agus mengatakan tradisi water salute sendiri sudah dikenal di dunia penerbangan sebagai bentuk sambutan atau penghormatan bandara terhadap kedatangan penumpang pesawat, pesawat itu sendiri atau maskapai.

Baca juga: Airlangga : Pertemuan Sherpa G20 dimulai Selasa, 21 negara hadir fisik

Tradisi water salute dalam menyambut delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan oleh dua kendaraan Airport Rescue & Fire Fighting Services (ARFFS) jenis Foam Tender 3000 yang saling berhadapan sejajar di dua sisi jalur taxiway dengan jarak sekitar 95 meter, untuk saling menembakkan air ke atas dengan sudut 45 derajat dan bertemu di satu titik, sehingga air yang ditembakkan membentuk seperti busur raksasa.

Pesawat Qatar Airways QR 954 yang membawa delegasi G20 melintas di antara kedua kendaraan ARFSS serta di bawah air yang membumbung tinggi tersebut, sehingga ketika melintas air membasahi seluruh badan pesawat.

Ia menjelaskan Qatar Airways QR 954 itu bertolak dari Abu Dhabi dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.40 WIB dengan 6 penumpang yang merupakan delegasi G20 berasal dari Inggris, India, Rusia, dan Swedia.

“Setelah turun dari pesawat, saat tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, para delegasi G20 akan bertemu dengan tim pendamping yang akan memberikan asistensi terkait airport handling dan hospitality. Para delegasi G20 juga akan diarahkan untuk menuju hospitality lounge di area kedatangan internasional Terminal 3,” ujarnya.

Baca juga: Menparekraf akan pastikan hotel untuk G20 Bali tersertifikasi CHSE

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021