Lokasi Kampung Renteng disterilisasi menjelang kedatangan Jokowi

Lokasi Kampung Renteng disterilisasi menjelang kedatangan Jokowi

Suasana menuju Kampung Renteng, Kecamatan Candipuro, yang milai disterilisasi menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo, Selasa (7/12/2021). ANTARA/Fiqih Arfani/am.

Lumajang (ANTARA) - Sterilisasi dilakukan di lokasi sekitar Kampung Renteng, Kecamatan Candipuro menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo di kawasan terdampak awan panas guguran Gunung Semeru tersebut.

Pantauan ANTARA di lokasi, Selasa sejumlah pintu akses menuju pemukiman yang mayoritas rumahnya terpendam abu material itu dijaga ketat oleh petugas dari TNI dan Polri.

Bagi masyarakat atau relawan yang hendak menuju ke lokasi tersebut juga tidak diperbolehkan, termasuk warga yang tak memiliki kepentingan apapun.

Di setiap sudut kampung juga terlihat anggota TNI berjaga-jaga untuk mengantisipasi banyaknya masyarakat yang datang melihat kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Dijadwalkan, Presiden Joko Widodo memantau lokasi sekaligus menyaksikan proses evakuasi para petugas SAR dan TNI mencari korban yang diduga tertimbun abu material.

Baca juga: Presiden akan tinjau daerah terdampak erupsi Semeru di Lumajang

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan bantuan untuk pengungsi Semeru

Baca juga: Kapolri pastikan penanganan bencana letusan Semeru berjalan baik


Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa pagi.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Lumajang, Presiden diagendakan untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Usai peninjauan, Presiden akan kembali ke Jakarta pada Selasa sore.

Beberapa menteri turut menyertai Presiden dalam penerbangan menuju Jatim, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta beberapa pejabat di lingkungan Istana.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden Jokowi luncurkan Injourney BUMN dari KEK Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar