Tagana DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Tagana DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Bantuan dari Tim Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta dipindahkan ke GOR Wira Bhakti, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/HO Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana (Tagana) DKI Jakarta yang membawa bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur,  menyalurkan bantuan melalui Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan rombongan Tagana DKI Jakarta membawa 19 jenis bantuan logistik seperti kasur, velbed, bantal, guling, kipas angin, selimut, terpal, tenda, serta kebutuhan rumah tangga dan individu lainnya.

"Setelah tiba di Lumajang pada Selasa pagi, bantuan diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Lumajang. Bantuan dipindahkan ke Posko Logistik penanganan bencana di GOR Wira Bhakti Lumajang, untuk kemudian didistribusikan kepada korban," katanya.

Sabdo Kurnianto menyatakan, semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat. "Ini merupakan bentuk kolaborasi dan kepedulian kami, karena bencana itu adalah menjadi tanggung jawab kita bersama," ucapnya.

Bantuan dari Tagana Pemprov DKI tersebut, diterima oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten Lumajang yakni Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Lumajang Sunyoto; Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Yudha Nugraha; dan Kepala Bidang Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi S, untuk kemudian dimanfaatkan warga terdampak erupsi Semeru.

Baca juga: Pengungsi erupsi Gunung Semeru bercerita kepada Presiden

Di sisi lain, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Lumajang, Sunyoto, menyatakan, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI dan masyarakat Jakarta yang telah memberikan empati, solidaritas, dan perhatiannya kepada warga Lumajang korban erupsi Gunung Semeru.

Sunyoto menyampaikan, bantuan yang diberikan akan sangat bermanfaat dan membantu meringankan beban masyarakat tedampak di mana menurut dia, bantuan logistik yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta sesuai dengan kebutuhan masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lumajang, khususnya masyarakat terdampak sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat DKI Jakarta, atas bantuan yang diberikan. Pemerintah Labupaten Lumajang tidak bisa menanganinya sendiri," katanya. 

Sejak peristiwa erupsi di Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) sore, tim Tagana Pemprov DKI Jakarta segera mengambil langkah cepat memetakan jenis bantuan dan segera mengumpulkan logistik pada Minggu (5/12).

Pelepasan rombongan tim Tagana dilakukan pada Senin (6/12) pagi, dan tiba di Lumajang Selasa (7/12) pagi.

Baca juga: Mensos tinjau lokasi pengungsi Semeru pastikan bantuan terdistribusi
Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan bantuan untuk pengungsi Semeru

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres berjanji percepat huntara pengungsi Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar