Warga terdampak rob bakal direlokasi ke rusun

Warga terdampak rob bakal direlokasi ke rusun

Warga membawa anaknya melintasi banjir pasang air laut atau rob di Kampung Japat, Ancol, Pademangan, Jakarta, Sabtu (4/12/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan ada rencana relokasi warga yang terkena dampak banjir pesisir atau rob ke rumah susun (rusun) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Termasuk di antaranya di rusun-rusun terdekat," kata Riza saat ditemui di Sunter Lake Hotel, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.

Rob melanda pemukiman di pesisir utara Jakarta sejak Jumat (3/12) di antaranya kawasan Muara Angke dan Muara Baru (Penjaringan), kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda (Cilincing) dan RW08 Ancol (Pademangan).

Menurut Riza, dataran pemukiman di kawasan pesisir Jakarta Utara itu sangat rendah sehingga di kala musim hujan datang, ditambah pasang air laut, menyebabkan terjadinya rob hingga ke perumahan warga di kawasan pesisir.

Sejauh ini, program dari Pemprov DKI Jakarta terkait penanganan banjir rob itu adalah pembangunan tanggul yang dikerjakan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air.

"Ini sedang kami proses, tapi ini memang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan biaya yang tidak sedikit. Jadi sangat besar kontribusi kita untuk menangani banjir rob melalui programnya membangun tanggul-tanggul," kata Riza.
Baca juga: Warga pesisir Jakarta Utara diimbau waspadai rob pada 2-9 Desember
Baca juga: Pemprov DKI siapkan 1.262 lokasi pengungsian

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kawasan Penjaringan dilanda rob, kendaraan sulit melintas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar