Solo (ANTARA) - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggandeng produk kuliner asal Solo Makanku mengirimkan bantuan makanan siap saji ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk korban bencana letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12).

"HKTI sendiri sudah membangun kerja sama dengan Wong Solo (produsen Makanku). Beberapa kali kami menyelenggarakan kegiatan bersama," kata Ketua Umum HKTI Moeldoko di sela pemberangkatan bantuan di Solo, Selasa.

Termasuk kali ini perusahaan tersebut membantu makanan siap saji sebanyak 5.000 paket.

"Ini yang diperlukan masyarakat kita yang ada di sana. Saya datang ke sini juga untuk melihat secara langsung seperti apa proses produksi yang dilakukan di pabrik Makanku," katanya.

Baca juga: Pesawat Hercules kirim 12 ton bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru

Baca juga: Polres Garut salurkan bantuan untuk korban letusan Semeru


Makanan siap saji tersebut, dikatakannya, juga memudahkan masyarakat yang akan mengonsumsinya.

"Gampang sekali saya lihat, bisa dihangatkan dengan mudah," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, produk milik pengusaha Puspo Wardoyo tersebut memberangkatkan bantuan dengan menggunakan tiga unit kendaraan. Selain paket makanan siap saji, bantuan juga diberikan dalam bentuk dapur umum.

"Setiap ada kejadian (kebencanaan) kami masukkan dapur umum. Kami ingin berkontribusi kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan untuk sementara ini bantuan diberikan dalam makanan siap saji. Terkait dengan kemungkinan bantuan lain, ia akan menunggu kondisi di lapangan.

"Ini bantuan yang pertama. Pasti untuk saat ini yang diperlukan oleh masyarakat yakni makanan. (Untuk bantuan selanjutnya), lihat dulu di lapangan. Yang pasti ini yang diperlukan masyarakat di sana," katanya.*

Baca juga: Pegadaian bantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru

Baca juga: Tagana DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021