Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Bantuan yang diberikan oleh perseroan disalurkan di 3 titik lokasi, yaitu Kantor PKK Kecamatan Pronowijo, Pendopo Kantor Bupati Lumajang, dan Desa Jarit Kecamatan Candipuro.

"Perseroan mengungkapkan keprihatiannya atas bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Perseroan akan terus berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam tersebut dalam beberapa hari ke depan," kata Sekretaris Perusahaan PT PP Yuyus Juarsa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Bantuan yang diberikan terdiri dari makanan siap saji, air mineral, paket sembako, perlengkapan keselamatan, perlengkapan mandi, keperluan anak dan bayi, kebutuhan sandang, dan kebutuhan korban bencana
lainnya.

Baca juga: PP berikan bantuan untuk korban banjir di Jateng

Bantuan tanggap darurat pertama untuk erupsi Gunung Semeru diserahkan kepada Posko Bencana di Kantor PKK Kecamatan Pronojiwo pada Minggu malam (5/12). Usai menyerahkan bantuan tersebut, pada Senin Pagi (6/12) Tim PT PP bergerak untuk menyerahkan bantuan kepada Posko Pendopo Wira Arja di Kantor Kabupaten Lumajang dan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang untuk diserahkan langsung ke Desa Terdampak Desa Jarit di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Adapun bantuan yang diberikan tersebut berupa paket sembako, air mineral, perlengkapan mandi, perlengkapan anak dan bayi, dan masker.

Pada hari ini Selasa (7/12) melalui Tim Proyek PT PP kembali menyerahkan bantuan kepada Posko Bencana di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumayang berupa bantuan sembako, keperluan sandang, dan obat-obatan. Tidak hanya itu, perseroan juga memberikan bantuan erupsi Gunung Semeru kepada Balai berupa bantuan alat berat, yaitu 2 unit dump truk, 1 (satu) unit shafloader, 2 unit truk engkel, dan 2 unit triton.

Dalam pemberian bantuan tersebut, PT PP bersinergi dengan Kementerian PUPR untuk membantu pemerintah daerah setempat dan para warga yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: PT PP salurkan bantuan sosial tanggulangi COVID-19


Dikatakan Yuyus, perseroan akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan bencana kepada korban erupsi dimana hal ini dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat Lumajang dan mempercepat pemulihan pasca bencana.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang ada di Indonesia, perseroan terpacu untuk bergerak cepat dalam membantu korban bencana erupsi gunung Semeru dan mengerahkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN dalam Bergerak Cepat Membantu Korban Erupsi Semeru.


Baca juga: PP berikan bantuan sosial korban ledakan Kilang Balongan

Baca juga: PT PP salurkan bantuan 26.000 masker medis ke Polda Sulut

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021