PLN Jatim : Listrik padam tersisa sebanyak 2.482 pelanggan di Semeru

PLN Jatim : Listrik padam tersisa sebanyak 2.482 pelanggan di Semeru

Upaya petugas PLN UID Jatim melakukan penormalan jaringan listrik di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). ANTARA/HO-PLN UID Jatim/aa.

Surabaya (ANTARA) - General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Adi Priyanto menyebut jumlah pelanggan terdampak letusan Gunung Semeru kini tersisa 2.482 pelanggan yang listriknya belum menyala atau padam, dari total 30.523 pelanggan.

"Hingga kini masih ada 2.482 pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan yang listriknya belum dinyalakan karena rumah pelanggan rusak atau berada di zona belum aman, dan untuk penormalan kami masih menunggu informasi dari pihak berwenang dan kondisi aman," kata Adi, di Surabaya, Rabu.

Ia mengatakan, hingga Senin (6/12) pukul 23.28 WIB, PLN UID Jatim telah memulihkan 112 trafo dan 28.041 warga telah kembali mendapatkan akses listrik.

"Kami memang mendapatkan tantangan cukup berat. Mulai dari beberapa lokasi kembali mengalami hujan abu vulkanik, sehingga petugas PLN tidak diizinkan untuk masuk," katanya.

Adi mengatakan, PLN terus melakukan pemetaaan pelanggan terdampak letusan dan merencanakan pekerjaan penormalan. Bahkan, untuk daerah yang terputus dari jaringan eksisting, PLN juga telah membangun jaringan listrik baru.

"Kami telah berhasil membangun jaringan tegangan menengah 20 kV sepanjang 300 meter yang menghubungkan penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampel Gading untuk penormalan pelanggan terdampak erupsi," katanya.

Sebelumnya, untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak letusan Semeru, PLN telah menerjunkan 124 personel yang dibagi dalam dua tim yaitu tim siaga sebanyak 53 personel dan tim pelaksana pekerjaan 71 personel.

"Para petugas ini tentunya terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur untuk memastikan daerah atau zona yang aman dan zona bahaya, serta zona yang bisa dilewati oleh petugas PLN dalam upaya pengecekan instalasi dan penormalan," kata Adi.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengapresiasi atas kerja keras PLN untuk menormalkan kembali sistem kelistrikan usai erupsi Semeru.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada PLN atas gerak cepatnya pulihkan kembali pasokan listrik di daerah-daerah yang terdampak erupsi," katanya.

Baca juga: PLN sebut telah pulihkan semua gardu listrik terdampak erupsi Semeru

Baca juga: Kementerian ESDM terjunkanTim Inspektur Ketenagalistrikan ke Semeru

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara PLN dukung peningkatan produktivitas industri agrikultur

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar