Kodim Jakbar "door to door" vaksin untuk warga Cengkareng

Kodim Jakbar "door to door" vaksin untuk warga Cengkareng

Petugas dari Kodim 0503 Jakarta Barat menggelar program vaksinasi massal di kawasan Cengkareng, Sabtu (27/11/2021). (ANTARA/HO-Kodim 0503 Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Jajaran Kodim 0503 Jakarta Barat menyambangi langsung rumah warga Cengkareng agar ikut vaksinasi COVID-19 dalam rangka program Serbuan Vaksin.

Hal tersebut dilakukan Kodim lantaran pencapaian vaksin di kawasan Cengkareng Jakarta Barat masih belum mencapai target yang diharapkan.

Baca juga: Pedagang dan warga bisa ikut vaksin sambil "ngopi" di Pasar Slipi

"Sekarang cenderung door to door artinya kita koordinasikan dengan pak RW pak RT mana wilayah yang belum melaksanakan vaksin, kita hadir di situ," kata Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Menurut Dadang, ada beberapa hal yang menyebabkan pencapaian vaksin di kawasan Cengkareng terlambat, salah satu faktor penyebab karena jumlah penduduk yang terlalu banyak.

Selain itu, aktivitas warga di wilayah tersebut sangat tinggi sehingga hampir tidak memiliki waktu untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19.

"Artinya banyak pekerjaan buruh harian yang sehari hari mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, artinya dia bisa menyempatkan waktu untuk hari hari libur," ujar Dadang.

Dengan gerakan mendatangi langsung ke rumah warga, Dadang berharap capaian vaksinasi di kawasan Cengkareng bisa mencapai target.

Berdasarkan pantauan, Dadang mengungkapkan jumlah warga ikut vaksin semakin sedikit yang menandakan semakin banyak warga Cengkareng yang sudah divaksin.

Baca juga: Kebon Jeruk targetkan zona hijau capaian vaksin pada November 2021

Sementara itu, Camat Cengkareng Ahmad Faqih mengatakan capaian vaksin di wilayahnya sebesar 79 persen dari 456.111 warga target vaksin.

Tercatat ada dua kelurahan yang belum mencapai zona hijau untuk status vaksin, yakni Kelurahan Duri Kosambi dengan capaian 79,79 persen dan Kelurahan Kapuk sebanyak 77 persen.

"Kalau Kapuk dia masih agak jauh. Masih kejar 8.000 lagi lah untuk capai 80 persen," tutur Faqih.

Faqih sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan puskesmas untuk melakukan terobosan guna mengejar ketertinggalan tersebut.

"Program vaksin terus berjalan baik bekerja sama dengan pihak lain seperti TNI hingga perusahaan swasta," ucap dia.

Namun, Faqih optimistis dua kelurahan di Cengkareng tersebut bisa masuk kategori zona hijau vaksin pada akhir tahun ini.

Baca juga: Kecamatan Tambora zona hijau karena capaian vaksin di atas 80 persen

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jakarta sumbang penambahan kasus harian nasional lebih dari seribu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar