Tenis

Djokovic masuk tim Serbia untuk Piala ATP 2022 di Sydney

Djokovic masuk tim Serbia untuk Piala ATP 2022 di Sydney

Tim Rusia Daniil Medvedev, Andrey Rublev, Aslan Karatsev dan Evgeny Donskoy merayakan kemenangan pada ATP Cup dengan trofi setelah mengalahkan Tim Italia di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Minggu (7/2/2021). (REUTERS/Loren Elliott TPX IMAGES OF THE DAY)

Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic masuk dalam tim Serbia untuk turnamen pembukaan musim Piala ATP pada Januari di Sydney, meskipun petenis nomor satu dunia itu belum memastikan untuk mengikuti Australian Open menyusul kebijakan penyelenggara untuk mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi para peserta.

Djokovic, yang telah memenangi rekor sembilan gelar di Melbourne Park termasuk tiga gelar terakhir, telah berulang kali menolak untuk mengungkapkan apakah dia telah divaksin COVID-19, dengan penyelenggara Australian Open mengonfirmasi bahwa semua pemain harus divaksin untuk berkompetisi di Melbourne.

Untuk bermain tanpa divaksin di Sydney, ibu kota negara bagian New South Wales, pemerintah negara bagian harus mengajukan pengecualian untuk Djokovic dan petenis berusia 34 tahun itu harus menjalani karantina 14 hari pada saat kedatangan.

Baca juga: Medvedev dan Rublev bawa Rusia raih kemenangan perdana ATP Cup

Opsi yang sama juga terbuka untuk penyelenggara Australian Open tetapi pemerintah negara bagian Victoria mengatakan tidak akan mengajukan pengecualian.

Dikutip dari Reuters, undian untuk edisi ketiga acara Piala ATP resmi dirilis, Selasa, dan penyelenggara mengatakan unggulan teratas Serbia, yang dipimpin oleh Djokovic, akan berada dalam Grup A bersama dengan Norwegia, Chile dan Spanyol.

Sementara partisipasi Djokovic akan menjadi dorongan besar bagi Serbia dan turnamen tersebut, Rafa Nadal tidak akan tampil untuk Spanyol.

Juara 20 kali Grand Slam itu berjuang dengan masalah punggung pada awal 2021 sebelum menarik diri dari Wimbledon dan Olimpade Tokyo karena masalah kaki.

Baca juga: Djokovic belum putuskan akan bermain di Australian Open

Petenis Spanyol berusia 35 tahun, yang terakhir kali bermain pada Agustus di Citi Open, itu bertekad untuk kembali ke lapangan lewat pertandingan ekshibisi di Abu Dhabi bulan ini sebelum memainkan turnamen lain dalam persiapannya menuju Australian Open.

Piala ATP 2022 akan menampilkan 16 tim dan diselenggarakan di dua tempat di Sydney Olympic Park mulai 1-9 Januari dengan para pemain memperebutkan hadiah uang sebesar 10 juta dolar AS atau sekitar Rp143 miliar.

Juara bertahan Rusia, yang dipimpin oleh petenis nomor dua dunia dan juara US Open Daniil Medvedev, satu grup dengan finalis tahun ini Italia, Austria dan tuan rumah Australia, yang tidak akan diperkuat Nick Kyrgios dalam tim mereka.

Pemenang dari masing-masing grup akan melaju ke semifinal.

Baca juga: Andreescu absen di Australian Open

Berikut klasifikasi grup Piala ATP 2022.
Grup A - Serbia, Norwegia, Chile, Spanyol
Grup B - Rusia, Italia, Austria, Australia
Grup C - Jerman, Kanada, Inggris, Amerika Serikat
Grup D - Yunani, Polandia, Argentina, Georgia

Baca juga: ITF tak ada rencana tangguhkan turnamen di China karena Peng Shuai

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar