Tidak ada kemajuan jika hanya mengharapkan bantuan orang
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Grand Master (GM) Utut Adianto berbagi pengalaman dalam coaching clinic di sela pertandingan dalam JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Selasa.

GM Utut memberikan tutorial dan ilmu bermain catur kepada atlet-atlet muda catur pada sela pertandingan. Dia juga bercerita kala dirinya masih aktif dan berhadapan dengan sejumlah pecatur kelas dunia. Utut pun mempraktikkan bagaimana caranya untuk bisa meraih kemenangan kala itu.

Peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Beberapa kali, GM Utut melontarkan pertanyaan dan peserta berebut untuk menjawab. Mereka yang bisa menjawab dengan tepat mendapat hadiah.

Baca juga: Surya dan GM Susanto berebut posisi puncak turnamen JAPFA FIDE RATED

Pria berusia 56 tahun itu juga menyelipkan kalimat-kalimat motivasi kepada atlet muda Indonesia. GM Utut menaruh harapan besar kepada mereka agar kelak Indonesia punya lebih banyak atlet potensial yang bisa mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tidak ada kemajuan jika hanya mengharapkan bantuan orang. Catur tidak membuat kita susah, catur menjadi tool untuk hidup kita. Terus bertanding, kita tidak boleh mengeluh. Suatu saat akan ada the real champion," kata Utut di hadapan peserta JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021.

Sementara itu, hingga babak ketujuh, GM Susanto Megaranto masih memimpin klasemen sementara. Pada hari ini, dia lebih dulu berhadapan dengan Surya Wahyudi pada babak keenam dan hasilnya remis. Kemudian pada babak selanjutnya, dia berhasil menang melawan Ahmad Fauzi.

Dengan hasil tersebut, GM Susanto kembali merebut posisi puncak dengan 6,5 poin, setelah kemarin sempat direbut Surya Wahyudi yang kini kembali ke urutan kedua dengan poin sama.

Sementara Dziththauly Ramadhan di urutan ketiga dengan 6 poin, disusul FIDE Masters (FM) Hudany M. Miftahul yang juga mengoleksi 6 poin.

Besok akan menjadi hari penentu pemenang dalam turnamen berhadiah total Rp110.500.000 tersebut. Pertandingan akan dibuka pada pukul 08:00 untuk babak kedelapan, kemudian berlanjut pada babak kesembilan atau partai puncak.

Baca juga: Pecatur muda timba pengalaman pada JAPFA FIDE RATED Chess Tournament
Baca juga: Ratusan pecatur tampil pada JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021