Peringatan dini ini langsung kami sampaikan ke kabupaten/kota, terutama kepada BPBD agar bisa dilakukan langkah antisipasi
Balikpapan (ANTARA) - Sejumlah kawasan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan hujan lebat disertai petir pada Rabu (8/12) sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya seperti jalan licin, banjir, pohon tumbang dan tanah longsor.

"Peringatan dini ini langsung kami sampaikan ke kabupaten/kota, terutama kepada BPBD agar bisa dilakukan langkah antisipasi," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa.

Sejumlah daerah yang diprakirakan hujan lebat disertai petir adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), yakni di Kecamatan Penajam pada pukul 23.00 Wita terjadi hujan disertai petir.

Baca juga: Kaltim diprakirakan hujan lebat pada Kamis-Jumat

Kemudian pada waktu yang sama di tiga kecamatan terjadi hujan lebat, yakni Kecamatan Babulu, Waru dan Kecamatan Sepaku, sehingga semua pihak diimbau berhati-hati terhadap dampak hujan lebat tersebut.

Selanjutnya adalah di Kabupaten Paser, pada jam yang sama akan terjadi hujan lebat pada dua kecamatan, yakni Long Ikis dan Long Kali. Masih di jam yang sama, hujan disertai petir akan melanda di Kecamatan Muara Komam dan Kecamatan Tanjung Harapan.

Berikutnya di Kabupaten Kutai Timur, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan pada pukul 20.00 waktu setempat, yakni Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau, dan Kecamatan Busang.

Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, lanjutnya, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun pada pukul 20.00 Wita, kemudian pukul 17.00 dan 20.00 Wita akan terjadi di Kecamatan Laham.

Baca juga: Kaltim diprakirakan alami hujan lebat disertai petir pada Rabu-Kamis

Di Kabupaten Kutai Barat juga diprakirakan terjadi hujan petir dan hujan lebat di pukul 23.00 waktu setempat, yakni hujan petir di Kecamatan Bentian Besar, Damai, Penyinggahan, dan Silug Ngurai, sementara hujan lebat terjadi di Kecamatan Bongan.

Hujan lebat juga diprakirakan melanda Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni pukul 20.00 di Kecamatan Tabang, pukul 23.00 di Kecamatan Muara Jawa, Anggana, Loa Janan, dan Kecamatan Samboja.

Masih pada pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Marang Kayu, dan Kecamatan Muara Wis.

Baca juga: BMKG deteksi 25 titik panas di Kaltim

Kemudian Kamis dini hari atau pukul 02.00 waktu setempat, hujan petir diprakirakan melanda di empat kecamatan, yakni Muara Jawa, Anggana, Loa Janan, dan Kecamatan Samboja.

"Sedangkan di Balikpapan, hujan petir diprakirakan terjadi pukul 23.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Timur. Masih di jam yang sama, hujan lebat diprakirakan di Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Utara," ujar Diyan.

Baca juga: Gempa magnitudo 4,1 guncang Berau, Kaltim
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021