Jakarta (ANTARA) - PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM, anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan, bersama Emergency Response Group (ERG) di bawah koordinasi Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN  bersinergi dalam percepatan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Corporate Secretary ANTAM, Yulan Kustiyan mengatakan bahwa Perusahaan turut mendukung upaya cepat Pemerintah dalam tanggap darurat bencana alam erupsi gunung Semeru.

“Beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya koordinasi, pendirian Posko, pencarian korban dan evakuasi, serta evaluasi bersama pihak-pihak terkait dengan instansi setempat. Kami juga akan memberikan bantuan logistik dalam bentuk bahan makanan pokok, selimut dan makanan balita/bayi,” kata Yulan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia berharap dengan adanya dukungan ANTAM dalam upaya ini dapat meringankan beban para warga Lumajang yang tertimpa musibah ini.

“Semoga kondisi para korban di lokasi terdampak segera membaik. Kami bersama dengan tim ESDM Siaga Bencana dan BUMN Peduli akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu proses penanganan bencana ini,” ujarnya.

Tim ERG ANTAM yang tergabung dalam ESDM Siaga Bencana dan BUMN Peduli tiba di lokasi terdampak sejak Senin, 6 Desember 2021 lalu dengan mengirimkan 10 (sepuluh) orang yang beranggotakan dari beberapa perusahaan yang terbagi sebagai rescuer, tenaga medis dan evakuasi.

Sebelum bergerak menuju lokasi terdampak di Dusun Curah Koboan dan Dusun Kajar Kuning, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, tim juga berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, TNI dan POLRI.
Dalam tahap awal ini, tim telah mendirikan Posko ESDM Siaga Bencana serta terus melaksanakan pencarian warga dan evakuasi warga ke Posko pengungsian.

Tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap para pengungsi di Kantor Kepala Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

“ANTAM bersama dengan tim gabungan akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait guna mempercepat penanganan tanggap darurat Semeru di Lumajang ini,” kata Yulan.
Baca juga: Penjualan ANTAM hingga triwulan III-2021 naik 47 persen
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021