Sumenep (ANTARA News) - Sisa isi bingkisan mencurigakan yang ditemukan di rumah warga Perumahan Bumi Sumekar Asri di Kabupaten Sumenep, Madura, pada Rabu (4/5) malam dibawa anggota Satuan Brimob Polda Jawa Timur sebagai barang bukti.

Kapolres Sumenep, AKBP Susanto, Kamis menjelaskan bahwa bingkisan mencurigakan yang ditemukan di rumah Warga Perumahan Bumi Sumekar Asri di Desa Kolor, Kecamatan Kota, Freddy Kustianto, pada Rabu malam, diurai dengan alat khusus oleh anggota Brimob Polda Jawa Timur.

"Setelah diurai itu baru diketahui bahwa isi bingkisan mencurigakan tersebut hanya makanan ringan berupa kue `madu wongso`. Sisa isi bingkisan mencurigakan itu langsung dibawa anggota Brimob sebagai barang bukti," katanya di Sumenep.

Ia mengatakan, pihaknya memang langsung menghubungi anggota Satuan Brimob Polda Jawa Timur di Pamekasan pada Rabu malam guna mengetahui isi bingkisan mencurigakan tersebut.

"Ini untuk menghindari hal-hal tak diinginkan. Dalam kasus penemuan bingkisan mencurigakan itu, kami memang melibatkan anggota Brimob untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)," paparnya.

Di bingkisan mencurigakan tersebut juga tidak ditemukan tulisan apa pun yang memberikan petunjuk kepada polisi tentang asal-usul barang tersebut.

"Hasil pengecekan yang dilakukan anggota Brimob pada Rabu malam bisa dipastikan isi bingkisan mencurigakan itu bukan bahan yang bisa meledak, melainkan hanya makanan ringan," kata Susanto menegaskan.

Bingkisan mencurigakan tersebut ditemukan berada di dalam pagar rumah salah seorang warga Perumahan Bumi Sumekar Asri di Desa Kolor, Kecamatan Kota, Freddy Kustianto, pada Rabu sekitar pukul 14.30 WIB.

Pemilik rumah yang curiga pada bingkisan mencurigakan yang dibungkus plastik berwarna ungu itu langsung menghubungi polisi setempat.

Sebelum polisi datang, bingkisan mencurigakan tersebut dipindah ke luar pagar.

Sejumlah anggota Polres Sumenep yang tiba di rumah tersebut sekitar pukul 18.00 WIB langsung memeriksa bingkisan mencurigakan itu dengan alat pendeteksi metal dan terdengar bunyi yang menandakan barang yang di dalam bingkisan tersebut diduga logam.

Anggota Brimob tiba di lokasi ditemukannya bingkisan mencurigakan di rumah warga Perumahan Bumi Sumekar Asri Sumenep, Freddy Kustianto sekitar 19.43 WIB dan langsung melakukan olah TKP hingga pukul 21.15 WIB.

Kemudian, anggota Brimob membawa bingkisan mencurigakan tersebut ke Mapolres Sumenep dan selanjutnya diurai di halaman belakang mapolres.

Sejumlah wartawan yang dilarang masuk ke Mapolres Sumenep dan berada di luar pagar mapolres, sempat mendengar bunyi ledakan yang diduga sebagai proses penguraian isi bingkisan melalui alat khusus anggota Brimob, pada pukul 21.48 WIB.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011