Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Ash Barty dinobatkan sebagai Petenis Terbaik WTA untuk kedua kalinya dan juara AS Terbuka Emma Raducanu meraih gelar Pendatang Baru Tahun Ini, kata badan tenis putri dunia itu, Selasa.

Petenis Australia Barty yang juara edisi 2019 memenangkan lima gelar juara tur tahun ini termasuk trofi Grand Slam kedua dalam karirnya di Wimbledon setelah mengalahkan petenis Ceko Karolina Pliskova dalam final.

Dia juga sukses mempertahankan gelarnya di Miami dan menang di Melbourne, Stuttgart dan Cincinnati untuk mengamankan peringkat satu dunia untuk ketiga kali berturut-turut.

Baca juga: Ashleigh Barty segel peringkat satu dunia WTA akhir tahun

Sementara itu Raducanu (19) mengikuti turnamen US Open sebagai petenis kualifikasi peringkat ke-150 dunia namun mengakhirinya sebagai juara Grand Slam putri pertama Inggris dalam kurun 44 tahun terakhir.

Petenis Ceko Barbora Krejcikova meraih penghargaan WTA untuk Most Improved Player tahun ini setelah melewati musim yang luar biasa dengan menjuarai French Open.

Dia juga unggul dalam nomor ganda bersama Katerina Siniakova dan pasangan ini meraih penghargaan ganda putri terbaik di mana gelar itu juga pernah mereka menangkan pada 2018.

Carla Suarez Navarro dinobatkan sebagai Comeback Player of the Year.

Petenis berusia 33 tahun itu pada September 2020 mengumumkan dirawat karena kanker limfoma tahap awal dan menjalani kemoterapi serta radioterapi selama berbulan-bulan sebelum kembali beraksi pada French Open, Juni lalu.

Baca juga: Carla Suarez Navarro berangkat ke Paris setelah sembuh dari kanker

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021