Jakarta (ANTARA) - Sebastien Haller mencetak gol guna membantu Ajax Amsterdam mengakhiri pertandingan fase grup Liga Champions dengan rekor 100 persen atau memenangkan semua pertandingan fase grup, setelah menggasak Sporting Lisbon 4-2 di Johan Cruyff Arena, Rabu dini hari WIB, sehingga tim Belanda ini total mengemas 18 poin.

Haller menjadi pemain kedua setelah Cristiano Ronaldo selalu mencetak gol dalam semua dari enam pertandingan fase grup Liga Champions musim 2017-2018.

Dia menciptakan gol dari tendangan penalti pada menit kedelapan untuk menambah jumlah golnya dalam kompetisi tahun ini menjadi 10 gol.

Baca juga: Nikolov antarkan Sheriff Tiraspol ke Liga Europa
Baca juga: Hakim Ziyech: Akan menyenangkan bila saya dapat kembali ke Ajax

Sporting menyamakan kedudukan melalui gol Nuno Santos pada menit ke-22 tetapi pemain Brazil Antony memulihkan keunggulan Ajax sebelum turun minum setelah barisan pertahanan tim tamu membuat kesalahan fatal.

David Neres memperbesar keunggulan Ajax pada menit ke-58 dan empat menit kemudian Steven Berghuis membuat gol keempat Ajax.

Tetapi Sporting mencetak gol hiburan pada menit ke-78 lewat tembakan kaki samping Bruno Tabata yang masuk ke sudut gawang.

Ajax memuncaki Grup C dengan nilai maksimum 18 poin sementara juara Portugal yang sudah dipastikan menjadi runner-up itu finis urutan kedua dengan sembilan poin. Mereka memanfaatkan pertandingan grup terakhirnya ini untuk memberikan kesempatan kepada pemain lapis keduanya mengalami atmosfer kompetisi Eropa.

Pertandingan dimainkan secara tertutup karena pemerintah Belanda mengeluarkan kebijakan antikerumunan setelah kasus COVID-19 melonjak di Belanda, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Dortmund hancurkan Besiktas 5-0 meski tetap gagal ke 16 besar
Baca juga: Liverpool akhiri perjalanan AC Milan di Liga Champions

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021