PB Wushu Indonesia bakal bangun pusat pelatihan di Jakarta

PB Wushu Indonesia bakal bangun pusat pelatihan di Jakarta

Ilustrasi - Atlet wushu putra Sumut Charles beraksi saat bertanding pada final Wushu kategori Qiang Shu Putra PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (1/10/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU .

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, berencana membangun pusat pelatihan di Citra Garden Cengkareng, Jakarta Barat karena sejauh ini wushu Indonesia tidak memiliki fasilitas latihan terpusat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu dalam keterangan resminya ke media di Jakarta, Selasa malam berharap mendapat dukungan dari sejumlah pihak, termasuk dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Airlangga menuturkan pihaknya sudah mengecek adanya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di Citra Gardeng Cengkareng dan bisa dimanfaatkan untuk membangun gedung pusat pelatihan wushu Indonesia.

"DKI Jakarta itu kan banyak punya fasos dan fasilitas umum. Kami sudah cek di Citra Garden Cengkareng yang bisa dimanfaatkan untuk pelatnas terpusat," kata Airlangga dalam pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021 di Stadion Tennis Indoor Kompleks Gelora Bung Karno.

Baca juga: Ratusan atlet dari 28 provinsi ikuti Indonesia Wushu All Games 2021
Baca juga: Ratusan atlet dari 28 provinsi ikuti Indonesia Wushu All Games 2021


"Selama ini wushu itu seperti waktu saya dan pak Anies kuliah dengan di Yogyakarta yakni, indekos. Sekarang sudah waktunya tidak indekos lagi tinggal diperintahkan saja apalagi wushu ada di Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Targetnya Olimpiade 2032. sekarang, atlet kita rata-rata di bawah 12 tahun sehingga Indonesia bisa dapat meraih emas," ujar Airlangga menambahkan.

Permintaan Airlangga itu mendapat sambutan baik dari Gubernur Anies Baswedan. Bahkan, Anies menyebut olahraga wushu makin populer dan juga berkontribusi besar bagi Kontingen Jakarta pada PON XX Papua 2021.

"Wushu cukup berkontribusi besar bagi Jakarta. Bagian kami nanti membayar balik kontribusi buat wushu. Tadi, sudah disampaikan dibutuhkan tempat. Kita senang sekali Jakarta sebagai tempat pelatihan wushu Indonesia," kata Anies yang mengaku pernah tinggal indekos di Yogyakarta seperti yang disebutkan Airlangga Hartarto.

Baca juga: Olimpian ikut soroti soal bonus bagi tim Piala Thomas

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, yang membuka secara resmi Indonesia Wushu All Games 2021 mengapresiasi rencana tersebut.

"Malam ini saya benar-benar bahagia. Tadinya, kami memikirkan tempat untuk Training Camp (TC) untuk cabang olahraga yang masuk DBON. Kenapa saya berterima kasih? Karena, tadi pak ketua umum menyampaikan keinginan membangun TC sendiri. Dan, keinginan ketum itu mendapat sambutan. Terima kasih pak ketum dan juga terima kasih pak Gubernur DKI Jakarta. Luar biasa kehadiran saya malam ini tidak sia-sia. Beban saya menjadi lebih ringan," kata Amali.

Indonesia Wushu All Games 2021 secara resmi dibuka tadi malam. Pertandingan akan mulai bergulir hari ini. Secara keseluruhan, ajang ini mempertandingkan empat kategori yakni, Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior, Kejuaraan Nasional Sanda Pra-Junior dan Junior, Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior, serta Kejuaraan Open Wushu Kungfu Wingchun.

Khusus untuk Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior memperebutkan Piala Menpora. Sedangkan Kejuaraan Nasional Sanda Pra-Junior dan Junior, Kejuaraan Open Wushu Taolo Senior dan Kejuaraan Open Wushu Kungfu memperebutkan Piala Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dan Piala Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga: Menpora berharap rakernas PB PRSI hasilkan program yang mendukung DBON
Baca juga: Menpora akan koordinasikan uji coba penonton di Liga 2 dengan Luhut

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim wushu Sumut penuhi target pada PON XX Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar