daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung dengan infrastruktur dan transportasi yang memadai
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut investasi di luar Pulau Jawa pada 2021 menunjukkan angka yang lebih tinggi dibanding Pulau Jawa.

"Kita patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa," kata Presiden Jokowi di Sintang, Kalimantan Barat, Rabu.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut saat meresmikan Bandara Tebilian di kabupaten Sintang yang memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persegi yang mampu melayani 75 ribu penumpang per tahun.

"Dan peningkatan investasi di luar Jawa ini tidak lepas dari upaya kita menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air," ungkap Presiden.


Baca juga: Investasi geser ke luar Jawa, Presiden sebut itu modal untuk bangkit


Presiden Jokowi menyebut pemerintah membangun infrastruktur tidak hanya berpusat di Jawa (Jawa centris) tapi "Indonesia centris".

"Karena kita percaya bahwa daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung dengan infrastruktur dan transportasi yang memadai sehingga produksi akan meningkat, distribusi akan lancar, menjangkau pasar yang semakin besar dan luas," tambah Presiden.

Manfaat lain infrastruktur menurut Presiden Jokowi adalah menekan waktu serta biaya sehingga biaya logistik Indonesia semakin efisien dan semakin kompetitif.

Baca juga: BKPM: Mulai ada perimbangan investasi di Jawa dan luar Jawa


Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan realisasi investasi yang masuk sepanjang kuartal III-2021 di luar Pulau Jawa mencapai Rp112,5 triliun (51,9 persen) sedangkan realisasi investasi di Jawa mencapai Rp104,2 triliun (48,1 persen).

Sementara itu, secara kumulatif, sepanjang Januari-September 2021, realisasi investasi di Jawa tumbuh 3,7 persen sedangkan di luar Jawa pertumbuhannya melesat hingga 12 persen.

Secara nominal, investasi di Jawa sepanjang Januari-September 2021 sebesar Rp318,7 triliun (48,3 persen) dan investasi di luar Jawa sebesar Rp340,7 triliun (51,7 persen).


Baca juga: Bahlil sebut realisasi investasi luar Jawa melaju lebih kencang

Baca juga: Anggota DPR apresiasi realisasi investasi di luar Jawa lebih besar

 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021