...bandara ini sangat penting untuk mendukung industri perkebunan, pertambangan, dan pariwisata, di Sintang, Sekadau, Senggau, Melawi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, akan menjadi infrastruktur penting untuk menunjang industri perkebunan, pertambangan, dan pariwisata, di Sintang dan juga daerah sekitarnya seperti Kabupaten Sekadau, Senggau, dan Melawi.

“Sudah dibangun dari tahun 2011, tapi kita intensifkan tahun lalu. Dan bandara ini sangat penting untuk mendukung industri perkebunan, pertambangan, dan pariwisata, di Sintang, Sekadau, Senggau, Melawi,” kata Menhub Budi Karya saat peresmian bandara tersebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu, sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Bandara Tebelian, menurut Budi, ke depannya dapat dikembangkan agar memiliki landasan pacu sepanjang 2.200 meter, dari saat ini yang sepanjang 1.820 meter.

“Saat ini untuk (pesawat) ATR dan apabila kita bisa memperpanjang (landasan pacu) maka bisa didarati pesawat narrow-body 737,” kata dia.

Baca juga: Menhub: Bandara Tebelian Sintang Kalbar siap diresmikan Presiden

Kemenhub membangun Bandara Tebelian, kata Menhub, dengan anggaran Rp580 miliar. Sedangkan, penyediaan lahan untuk bandara seluas 153 hektare disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang

Bandara ini menjadi infrastruktur konektivitas udara di Kalbar, yang merupakan salah satu provinsi terdepan dan berbatasan dengan Malaysia. Bandara Tebelian juga dibangun untuk menggantikan Bandara Susilo yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

Dalam peresmian, Presiden Jokowi mengharapkan Bandara Tebelian akan mampu melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai. Presiden menyebut bandara tersebut dapat melayani 75 ribu penumpang per tahun.

Menurut Presiden Jokowi, pada era kompetisi antarnegara yang semakin sengit, Indonesia harus bergerak dengan lebih cepat. Karena itu kelancaran konektivitas adalah kunci.

"Dan kita harus mampu membuat konektivitas antarprovinsi, antardaerah, antarkabupaten semakin mudah dan lancar, terjangkau oleh masyarakat sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bandara Tebelian di Sintang Kalbar

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021