Desa Apar Pariaman raih juara 3 desa digital ADWI 2021

Desa Apar Pariaman raih juara 3 desa digital ADWI 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno terlihat menyerahkan uang kepada pedagang untuk membeli rajutan yang diproduksi pelaku UKM di Kota Pariaman saat mengunjungi Desa Wisata Apar kota itu, Jumat. ANTARA/ Aadiaat M. S.

Desa Apar memiliki banyak tujuan wisata
Pariaman (ANTARA) - Desa Wisata Apar, Kota Pariaman, Sumatera Barat meraih juara tiga kategori Desa Digital pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diumumkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Selasa malam (7/12).

"Alhamdulillah, Desa Wisata Apar menjadi yang terbaik ketiga kategori Desa Digital, tentu hal ini menjadi kebanggaan bagi Kota Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan Desa Apar memiliki banyak tujuan wisata yang dapat memanjakan mata pengunjung yaitu hutan mangrove yang dilengkapi dengan lintasan jelajah, gazebo, serta menara.

Selain itu wisatawan juga dapat melihat berbagai jenis mangrove dan ekosistem makhluk hidup yang ada di dalam kawasan,

Setelah itu  pengunjung juga dapat menikmati matahari terbenam di pantai yang bersih. Di desa itu juga terdapat wisata edukasi berupa penangkaran penyu.

"Desa Wisata Apar mempunyai daya tarik unik dengan mengangkat kearifan lokal, yaitu atraksi beruk memetik kelapa melalui "Sekolah Tinggi Ilmu Beruk," katanya.

Desa Apar juga terdapat kano yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk menelusuri hutan mangrove serta dapat membeli berbagai makanan dan minuman olahan yang bahan bakunya dari mangrove.

Karena memiliki banyak keunggulan tersebut maka Desa Wisata Apar masuk ke dalam 50 besar ADWI 2021 dan menjadi desa pertama yang dikunjungi oleh Kemenparekraf RI Sandiaga Uno.

Sebelumnya Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, menjadi salah satu indikator yang memperkuat daerah tersebut masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik dalam ADWI 2021.

"Dari 21 desa wisata di Pariaman yang kami kirim untuk masuk nominasi, Desa Apar masuk 50 besar ADWI 2021," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono di Pariaman.

Ia mengatakan objek wisata di Desa Apar yang mendukung daerah itu masuk ke ADWI mulai dari STIB, penangkaran penyu, wisata trekking ke hutan mangrove, kano di tepi mangrove, dan komunitas latihan selancar di pantai.

"STIB itu yang paling menarik, lalu penangkaran penyu," katanya.
Baca juga: Sandiaga ingin Desa Wisata Cikakak Banyumas naik kelas
Baca juga: Sandiaga sebut produk emping Desa Cikolelet miliki daya saing tinggi
Baca juga: Kampung Blekok Situbondo masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata 2021

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menparekraf yakin ajang ADWI hasilkan desa wisata unggul

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar