Kita akan perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar untuk membuat persemaian
Sintang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan wilayah hulu tepi sungai Kapuas dan Melawi  Kalimantan Barat perlu ditanami pohon untuk mengatasi bencana banjir dalam jangka panjang.

"Saya perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar melakukan penyemaian untuk penanaman pohon," kata Jokowi, usai meninjau pembangunan tanggul dari tabung pasir (geotube), di Sintang Kalbar, Rabu.

Jokowi menyampaikan pembangunan tanggul dari geotube yang di isi pasir itu untuk mengatasi banjir jangka pendek di Sintang.

"Saya meninjau bangunan infrastruktur geotube penanganan banjir jangka pendeknya, buat tanggul dari geotube di isi dengan pasir untuk mengurangi banjir yang ada

Menurut Presiden selain itu perlu  penanganan banjir untuk jangka menengah dan panjang.

"Hujan ekstrem terjadi juga kerusakan daerah aliran sungai, jadi kita akan siapkan penanaman pohon daerah yang berada di sungai Kapuas dan Melawi," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan perlunya perbaikan  area utama di hulu.

"Kita akan perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar untuk membuat persemaian, untuk penghijauan," tegas Jokowi.

Usai meninjau pembangunan geotube, Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon di Kelurahan Kedabang Kecamatan Sintang Kalimantan Barat.

Kunjungan Presiden Joko Widodo di Sintang, di dampingi sejumlah menteri dan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Gubernur Kalbar Sutarmidji, Bupati Sintang Jarot Winarno dan sejumlah pejabat penting lainnya.
Baca juga: Presiden Jokowi beli jaket bermotif khas Dayak Sintang
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bandara Tebelian di Sintang Kalbar
Baca juga: Presiden Jokowi lakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021