Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih penghargaan sebagai Indonesia Trusted Company berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari Majalah SWA dan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2021 di Jakarta, Rabu.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo yang diserahkan oleh Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani dan Ketua IICG Gendut Suprayitno.

"Terima kasih kepada Majalah SWA dan IICG atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada KAI dalam acara Indonesia Good Corporate Governance Award 2021. Nilai GCG KAI terus meningkat, hal ini mencerminkan konsistensi upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan, termasuk dalam implementasi strategi resiliensi pandemi," kata Didiek Hartantyo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Didiek mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan good corporate governance (GCG) secara berkelanjutan berdasarkan hasil pemeringkatan CGPI 2020.

Adapun ruang lingkup penilaian yaitu pencapaian kinerja keuangan dan non keuangan perusahaan, kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan dan pengendalian manajemen, serta keselarasan terhadap etika, norma, dan tata nilai.

Ia mengungkapkan, nilai-nilai utama AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) serta GCG menjadi fondasi yang mendasari seluruh strategi KAI dalam mencapai misi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.

Adapun dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan, KAI selalu berdasar pada prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran.

Sesuai dengan tema penghargaan ini, KAI memiliki 4 strategi resiliensi dan recovery dalam masa pandemi. Empat strategi tersebut yaitu melindungi pegawai KAI dan pelanggan dari Covid-19; menjaga likuiditas dan solvabilitas; menerapkan program efisiensi, reprioritisasi anggaran, dan pengurangan biaya; serta mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan.

“Kami mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19 dengan melakukan Triple Transformation sekaligus yaitu Transformasi Digital, Transformasi Organisasi, dan Tranformasi Budaya untuk dapat lebih agile dan adaptif dalam menghadapi perubahan dengan menanamkan core values AKHLAK,” ujarnya.

Didiek menambahkan, pemeringkatan Indonesia Good Corporate Governance Award 2021 ini merupakan penghargaan pertama sejak terakhir mengikuti kompetisi CGPI pada Tahun 2015 dengan meraih kategori Trusted Company.

KAI akan terus konsisten dan meningkatkan kualitas implementasi GCG lebih baik lagi dengan menerapkan sistem berbasis transformasi digital pada tahun depan serta meningkatkan knowledge management sebagai support system.

Sehingga diharapkan akan meningkatkan kepatuhan dan dengan transformasi digital akan memudahkan monitoring penerapan GCG di perusahaan.

Sementara itu, Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani mengapresiasi kepada seluruh peserta ajang penghargaan ini. Ia menilai seluruh peserta tersebut memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun budaya Good Corporate Governance.

“Tema yang diangkat pada tahun ini sangat relevan dan penting dalam berbagai situasi, terutama pada 2 tahun terakhir ini. Kami pada kesempatan ini sungguh menghargai peserta program CGPI yang pada tahun ini sudah dapat menjalankan langkah-langkah untuk terus membangun ketahanan perusahaannya,” kata Kemal E. Gani.

Baca juga: KAI peroleh Safe Guard Label SIBV untuk kedua kalinya
Baca juga: KAI Daop Jakarta rilis daftar KA yang beroperasi Desember 2021
Baca juga: KAI salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021