Jakarta (ANTARA) - Google Indonesia pada Rabu mengumumkan “Year in Search 2021” yang menampilkan kompilasi tren penelusuran yang dilakukan masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2021, mulai dari topik BTS Meal, Piala Euro hingga Peduli Lindungi.

“’Year in Search’ atau ‘trending search’ adalah topik peningkatan paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi, ini bukan hanya satu spike (lalu) kami ambil, tapi ini harus trending sepanjang tahun,” kata Communication Manager Consumer Products Google Indonesia Feliciana Wienathan saat konferensi virtual pada Rabu.

Pada tahun ini, Google membagi 9 kategori untuk merangkum tren penelusuran, mencakup daftar utama tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends), Siapa, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film, dan tren seputar COVID-19.

Menurut Feliciana, “Year in Search 2021” menggambarkan wajah masyarakat Indonesia yang memiliki minat yang sangat beragam dan bervariasi.

Sebagai contoh, menu yang diluncurkan McDonalds dengan menggandeng BTS Meal pada tahun ini sangat ramai dibicarakan warganet, bukan hanya mengenai produknya saja melainkan juga bentuk kreativitas lain yang unik.

“BTS Meal ini bervariasi banget. Tidak hanya dari makanan ketika diluncurkan, tapi juga ketika announcement-nya dan variasi makanan yang dijadikan apapun atau bahkan bungkusnya juga dijadikan sesuatu hal yang kreatif sehingga ramai dibicarakan oleh netizen Indonesia,” ujar Feliciana.

Baca juga: Topik belajar daring meningkat 450 persen dalam pencarian Google

Baca juga: Vaksinasi hingga PPKM, tren penelusuran terpopuler di Google Juli 2021


Tahun ini juga menjadi momen kebangkitan Indonesia di ajang Piala Thomas setelah 19 tahun lamanya. Selain itu, tahun ini juga menampilkan para talenta Indonesia yang memimpin dan merintis jalan di bidang masing-masing, mulai dari Greysia Polli dan Anthony Ginting di bidang Olahraga, Amanda Manopo di bidang Seni Pertunjukan, Dewa Kipas di bidang Catur, hingga Sisca Kohl di internet.

Masih sama seperti tahun lalu, pada tahun ini masyarakat juga terus mencari cara untuk tetap terhubung dengan sesama dan menikmati hiburan di rumah, seperti film “Ali & Ratu-Ratu Queens” dan serial “Squid Game” yang menjadi pencarian trending 2021.

Dalam kategori musik, deretan lagu yang dibawakan musisi lokal seperti “Widodari” oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, “C.H.R.I.S.Y.E” oleh Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu musisi mancanegara seperti “Butter” dari BTS juga mewarnai penelusuran paling tren di Google Indonesia.

Feliciana mengatakan Google juga masih memasukkan kategori COVID-19 sebagai tren penelusuran topik di platform-nya sebab kondisi pada tahun ini belum terlepas sepenuhnya dari pandemi.

“Kalau tahun lalu kita melihat masih harus beradaptasi dan masih bingung dengan perubahan dan segala macam, tapi kalau tahun ini kita benar-benar melihat sudah waktunya aksi semua,” ujarnya.

Pada tahun ini, aplikasi Peduli Lindungi menjadi topik terpopuler di Indonesia. Menurut Feliciana, banyak masyarakat Indonesia yang mencari tahu lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut, termasuk bagaimana cara download aplikasi Peduli Lindungi dan cara cek sertifikat vaksin di Peduli Lindungi.

Berikut 10 tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends):
(Daftar “Year in Search 2021” yang disusun Google tidak diurutkan berdasarkan tingkat popularitas penelusuran)

1. Piala Euro
2. Olimpiade Tokyo
3. BTS Meal
4. Vaksin COVID-19
5. Pencegahan COVID-19
6. Peduli Lindungi
7. PPKM Diperpanjang
8. BPJS Ketenagakerjaan
9. Prakerja.go.id
10. Google Translate
 
Top 10 tren pencarian dalam 8 kategori di Google Indonesia. (ANTARA/HO-Google Indonesia)


Baca juga: 10 konten terpopuler di TikTok Indonesia sepanjang 2021

Baca juga: TikTok kolaborasi suarakan keamanan digital remaja di platform

Baca juga: Spotify akan buat fitur video singkat seperti TikTok

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021