Menkominfo harap STMM mampu mencetak talenta digital masa depan

Menkominfo harap STMM mampu mencetak talenta digital masa depan

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (ANTARA/HO/Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate ingin Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) "MMTC" Yogyakarta dapat mencetak talenta-talenta digital berkualitas guna mendorong lahirnya sumber daya manusia yang kelak bisa memajukan dunia digital di Indonesia.

"Sekolah Tinggi Multimedia Kominfo STMM perlu hadir dengan program-program studi yang berorientasi terpenuhinya kebutuhan talenta digital. (Menjadi) sebuah institusi perguruan tinggi yang berperan sebagai center of digital excellent," ujar Johnny dalam Orasi Ilmiah Wisuda Sarjana dan Sarjana Terapan STMM Periode I Tahun 2021 yang berlangsung secara virtual, dari Jakarta, Rabu.

Merujuk hasil studi Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Johnny menyatakan ada kecenderungan ketidakpaduan antara kemampuan yang menjadi kebutuhan industri dengan talenta yang dihasilkan dari institusi pendidikan.

Oleh karena itu, ia menilai pengembangan talenta digital yang komprehensif perlu dilaksanakan di institusi pendidikan tinggi. Salah satunya di STMM Yogyakarta yang notabenenya berada di bawah binaan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“(Talenta digital diharapkan) tidak hanya capable dalam segi fasilitas dan kapasitas. Namun juga memiliki komitmen pengajaran untuk upskilling dan reskilling, yang memberdayakan untuk menghasilkan ahli teknologi di tingkat nasional dan global,” ujar Johnny.

Johnny mengharapan STMM harus menyiapkan beragam program studi yang mampu mendorong generasi muda Indonesia menguasai berbagai kecakapan di bidang digital.

Johnny menyatakan, kebutuhan kecakapan digital di masa depan akan berfokus pada tiga hal yaitu artificial intelligence, big data dan cloud computing.

Saat ini STMM sudah memiliki program studi yang fokus pada penyiaran dan media seperti Manajemen Produksi Siaran, Manajemen Produksi Berita, Manajemen Teknik Studio Produksi, Animasi, Teknologi Permainan, serta Manajemen Informasi dan Komunikasi.

Ke depannya, ia ingin STMM dapat terus mengeksplorasi serta merumuskan program dengan future outlook untuk mengisi kebutuhan sumber daya digital Indonesia.

“Termasuk di tengah makin berkembangnya teknologi konektivitas seperti 4G dan saat ini 5G yang sudah beroperasi komersial di Indonesia, bahkan pada era 6G mendatang,” tutupnya.

Baca juga: Menkominfo perkuat pembentukan SDM digital di Yogyakarta

Baca juga: Kominfo: STMM siapkan SDM ekonomi kreatif

Baca juga: Menkominfo minta STMM Yogyakarta siapkan SDM bertalenta digital


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kominfo perluas jaringan 4G di 7.904 titik wilayah 3T

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar