Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan bahwa pertandingan dengan kehadiran penonton secara terbatas akan diuji coba pada babak delapan besar Liga 2 2021.

"Baru saja kami rapat koordinasi lintas sektoral secara terpadu. Kemarin, baru rapat dengan Menpora, federasi dan PT LIB," kata Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Rapat koordinasi lintas sektoral itu dihadiri Menpora Zainudin Amali, PSSI, Kemenkes, Polri dan BNPB, dengan agenda pembahasan rencana kehadiran penonton pada pertandingan Liga 1 dan 2 musim ini.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, kata dia, pihaknya akan melakukan uji coba penonton secara terbatas dalam pertandingan babak delapan besar Liga 2 2021 yang akan dimulai pada 15 Desember mendatang.

Baca juga: Delapan besar Liga 2 pada 15-23 Desember disertai kegiatan tatap muka 

Ia menjelaskan uji coba penonton terbatas itu akan dilakukan di dua lokasi, yakni Stadion Pakansari di Bogor dan Stadion Wibawa Mukti di Bekasi, Jawa Barat.

Terkait jumlah penonton, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku akan mengundang perwakilan suporter dari masing-masing klub sebanyak 100 orang.

"Dalam tahap uji coba terbatasnya, sementara mengundang klub. Suporternya hadir kira-kira masing-masing klub 100 orang. Sekitar 400 undangan. Jadi, mungkin masih di bawah 1.000 (orang)," ujar Iriawan.

Perinciannya, dalam sehari akan ada dua pertandingan dan empat klub yang bertanding. Masing-masing mendapatkan jatah 100 tiket sehingga total 400 dalam satu hari pertandingan babak 8 besar Liga 2 2021.

Baca juga: PSSI buka kemungkinan Liga 2 dihadiri 100 suporter per klub di stadion 

Tentunya, kata Iriawan, persyaratan lainnya juga harus diikuti, di antaranya vaksinasi sesuai aplikasi PeduliLindungi dan tes antigen.

"Bagi suporter yang ada sekarang masih terbatas sehingga antigen pertama disepakati dibantu Kemenkes. Demikian masalah pengamanan dengan Polri," terang Iriawan.

Hasil uji coba tersebut, sambung dia, akan menjadi pertimbangan untuk penerapan lebih lanjut di Liga 1 seri 4 dan 5 mendatang di Bali.

"Insya Allah, kalau nanti uji coba pertandingan Liga 2 berjalan lancar, sukses, aman dan terkendali, Insya Allah, akan diteruskan di Liga 1 seri 4-5 di Bali," pungkas Iriawan. 

Baca juga: Menpora akan koordinasikan uji coba penonton di Liga 2 dengan Luhut 
Baca juga: PSSI bahas kemungkinan uji coba penonton terbatas di Liga 2 

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021