Menkominfo ingin lulusan STMM jadi akselerator transformasi digital

Menkominfo ingin lulusan STMM jadi akselerator transformasi digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (ANTARA/HO/Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menginginkan agar lulusan Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) “MMTC” Yogyakarta menjadi akselerator pelaksanaan transformasi digital di Indonesia.

“Lulusan perguruan tinggi selalu berjalan seiring dengan masyarakat, menemukan bakti dan abdinya bagi kemajuan masyarakat. Lulusan STMM hendaknya mampu mendorong lahirnya solusi dari berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, melalui utilisasi medium teknologi,” ujar Johnny dalam orasi ilmiah Wisuda STMM 2021 secara virtual dari Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menkominfo harap STMM mampu mencetak talenta digital masa depan

Hal itu sejalan dengan revolusi industri 4.0 yang kini membutuhkan keterampilan adaptasi dari para talenta digital agar bisa memiliki daya saing di industri masa kini.

Dengan menjadi akselerator transformasi digital di Indonesia, lulusan dari perguruan tinggi binaan Kementerian Komunikasi dan Informatika itu dinilai sebagai agen perubahan dan bisa memimpin Indonesia menuju generasi 2045 yang menjanjikan.

“Jadilah generasi muda yang adaptif, yang inovatif, serta tetap mempertahankan etika dan moral akademik dalam semangat kebhinekaan Indonesia. Niatkan hati untuk membangun ibu pertiwi, perkuat kolaborasi dan sinergi wujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” kata Johnny berpesan.

Johnny pun menyampaikan harapannya agar STMM “MMTC” Yogyakarta bisa memanfaatkan peluang transformasi digital untuk bisa masuk mengikuti perkembangan sektor industri teknologi digital.

Adapun berdasarkan Laporan “The Future of Job” yang dirilis oleh World Economic Forum 2021 setidaknya ada 10 jenis pekerjaan baru berkaitan dengan teknologi digital dengan permintaan yang meningkat di Indonesia.

Di antaranya yaitu data analyst dan scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services dan administration manager, serta business development professional.

Agar momentum itu dapat digunakan dengan baik, Johnny mendorong STMM “MMTC” Yogyakarta agar bisa berkolaborasi hingga taraf internasional agar ekosistem di Indonesiamampu memasuki revolusi industri dengan lebih terarah.

“Saya berpesan agar STMM mampu memulai kerjasama dan sinergi dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia, agar STMM dapat menjadi perguruan tinggi yang makin terdepan,” kata Johnny.


Baca juga: Kominfo: STMM siapkan SDM ekonomi kreatif

Baca juga: Menkominfo minta STMM Yogyakarta siapkan SDM bertalenta digital

Baca juga: Kemkominfo akan ubah STMM Yogyakarta jadi Institut Digital Nasional


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar