Catur

GM Susanto juara JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021

GM Susanto juara JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021

GM Susanto Megaranto menjadi juara dalam JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021. Kepastian ini diraih setelah pada laga terakhir ia mengalahkan FM Sagita Catur Adi di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Rabu (8/12/2021). ANTARA/Muhammad Ramdan

Jakarta (ANTARA) - Grand Master (GM) Susanto Megaranto kembali menegaskan statusnya sebagai pecatur terbaik Indonesia saat ini dengan menjadi juara dalam ajang JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021.

Selama berlangsungnya pertandingan di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, pada 4-8 Desember, GM Susanto mengantongi 8 poin, yang merupakan hasil dari tujuh kemenangan dan dua remis.

Pada laga terakhir, Rabu, pecatur dengan rating 2548 ini memastikan gelar juara usai mengalahkan FIDE Master (FM) Sagita Catur Adi. Sebelumnya, dia juga sukses mengalahkan WFM Elisabeth Christine, Susanto, Sunardi Sadeli, IM Tarigan Gilbert Elroy, Dziththauly Ramadhan dan Ahmad Fauzi

Meski menjadi juara, GM Susanto mengaku perjalanannya dalam turnamen berhadiah total Rp110.500.000 itu tidak mudah. Buktinya, dia dua kali harus remis masing-masing melawan Surya Wahyudi dan FM Hudany M Miftahul.

"Saya kembali katakan bahwa pecatur Indonesia itu kuat. Rating mereka memang di bawah 2000, tetapi bermainnya bagus. Pecatur Indonesia kurang mendapat kesempatan tampil di turnamen internasional saja," kata GM Susanto kepada wartawan, Rabu.

Baca juga: Surya dan GM Susanto berebut posisi puncak turnamen JAPFA FIDE RATED 

Dalam kesempatan tersebut, dia berharap akan lebih banyak turnamen seperti itu untuk meningkatkan jam terbang para pecatur muda Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto mengatakan turnamen FADE Rated yang menggunakan format catur klasik sangat penting.

"Ini merupakan turnamen klasik pertama yang bergulir setelah pandemi COVID-19. Yang tampil banyak, dan memang kami batasi. Hasilnya pun luar biasa," ujar Utut.

"Saya ucapkan selamat kepada GM Susanto Megaranto yang kembali membuktikan kelasnya sebagai pecatur terbaik Indonesia. Selamat juga kepada peserta lainnya dan jangan pernah menyerah, terus berlatih, mengasah kemampuan," sambungnya.

Dalam turnamen tersebut, Surya Wahyudi dan Dziththauly Ramadhan yang sama-sama mengemas 7,5 poin menempati posisi kedua dan ketiga.

Baca juga: Strategi PB Percasi tingkatkan gairah olahraga catur di Indonesia 

Berikut daftar peringkat JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021: 

1. GM Susanto Megaranto - 8 poin
2. Surya Wahyudi - 7,5 poin
3. Dziththauly Ramadhan - 7,5 poin
4. FM Tobing Daniel Hermawan Lumban - 7,5 poin
5. FM Hamdani Rudin - 7 poin
6. IM Tarigan Gilbert Elroy - 7 poin
7. IM Suhendra Andi Supardi - 7 poin
8. Aris T.L.S. - 7 poin
9. FM Sagita Catur Adi - 6,5 poin
10. Muhammad Ishak Rianjar - 6,5 poin 

Baca juga: GM Utut berbagi ilmu dalam ajang JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 
Baca juga: Pecatur muda timba pengalaman pada JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar