Leonardo DiCaprio sebut "Don't Look Up" kado pejuang perubahan iklim

Leonardo DiCaprio sebut "Don't Look Up" kado pejuang perubahan iklim

Leonardo DiCaprio saat tiba di Academy Awards di Hollywood, Los Angeles, California, AS, 9 Februari 2020. (REUTERS/ERIC GAILLARD)

Jakarta (ANTARA) - Leonardo DiCaprio menyebut film barunya "Don't Look Up" sebagai sebuah hadiah. Bukan cuma karena dia bisa bermain bersama sederet bintang seperti Jennifer Lawrence, Cate Blanchett, Meryl Streep, Timothee Chalamet dan Jonah Hil, melainkan karena film ini menggambarkan bahaya perubahan iklim, tetapi bisa tetap membuat penonton tertawa.

"Saya kira kita semua menganggap ini sebagai hadiah unik," kata aktor yang vokal bicara soal lingkungan, dikutip dari Reuters.

"Kami semua ingin menyampaikan pesan tentang krisis iklim, dan Adam (McKay) betul-betul menemukan solusinya dengan membuat narasi ini," katanya.
​​
Baca juga: Leonardo DiCaprio buat ulang film dokumenter "Virunga" untuk Netflix

Dirilis di bioskop pada Jumat dan Netflix pada 24 Desember, "Don't Look Up Now" mengambil pandangan satir tentang bagaimana media dan politisi menanggapi isu iklim, Plot ini dilihat oleh dua ahli astronom (dimainkan DiCaprio dan Lawrence) yang berusaha memperingatkan dunia yang sepertinya tidak peduli tentang komet besar yang mengarah ke bumi dan akan menghancurkan planet dalam kurun enam bulan.

DiCaprio mengatakan dia telah lama ingin membuat film krisis iklim tapi kesulitan mencari pendekatan yang tepat.

"Pilihannya antara membuat perjalanan eksistensial lewat kehidupan seseorang, atau membuat film bencana di mana New York membeku," katanya.

Sementara itu, Merryl Streep berperan sebagai presiden AS yang egois, dimana Hill menjadi putranya sekaligus kepala penasihat. Blanchett dan Tyler Perry memerankan penyiar televisi, Chalamet adalah remaja yang putus sekolah dan Mark Rylance menjadi milyarder yang punya agenda sendiri.

Sutradara Adam McKay mengatakan meski orang melihat film ini mengambil sikap politik, pada intinya ia ingin membuat penonton tertawa.

"Akarnya adalah komedi," katanya.

DiCaprio mengatakan dia tertarik dengan film ini karena ingin mendukung peneliti.

"Saya ingin menghormati orang-orang yang mendedikasikan hidup mereka untuk hal ini, orang yang memahami apa yang mereka bicarakan, dan berusaha memberikan mereka sedikit suara," katanya.

Aktor pemenang Oscar ini menyebut dirinya "Debbie Downer" dalam usaha bicara soal krisis iklim, tapi ia menambahkan, "Semoga film seperti ini mulai menciptakan percakapan yang berbeda, dan makin banyak orang yang bicara soal ini membuat sektor swasta terdorong dan kekuatannya akan menciptakan perubahan besar."

Baca juga: Leonardo DiCaprio akan bintangi film dokumenter tentang Jim Jones

Baca juga: Bertabur mega bintang, "Don't Look Up" tayang 24 Desember

Baca juga: "Once Upon a Time in Hollywood" diadaptasi ke bentuk novel

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Danau Tuz di Turki tengah diterpa krisis air

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar