Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Muchamad Iriawan memuji Menpora Zainudin Amali karena dinilai sering menginisiasi terkait dengan strategi penyelenggaraan persepakbolaan di Tanah Air termasuk pendukung kompetisi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Menpora Amali yang selalu menginisiasi segenap kegiatan sepak bola di Tanah Air, termasuk penyelenggaraan Liga 1 dan 2 juga atas keputusan dan arahan pa Menpora," kata Muchamad Iriawan dikutip dari laman Kemenpora, Kamis.

Kemenpora, Kementerian Kesehatan, PSSI dan pihak kepolisian melakukan rapat bersama membahas rencana kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa dihadiri penonton meski bersifat terbatas dengan persyaratan ketat. Rencananya pertandingan bisa dihadiri penonton maksimal 25 persen.

Baca juga: PSSI: uji coba penonton terbatas diterapkan di delapan besar Liga 2

"Dalam kesimpulan tadi, kita akan menguji coba menghadirkan secara terbatas penonton atau suporter pada pertandingan delapan besar Liga 2 yang akan dimulai pada 15 Desember hingga selesai di dua Stadion berbeda, yakni di Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Wibawa Mukti Bekasi," tutur Iwan Bule.

"Format untuk kali ini kita akan mengundang masing-masing 100 suporter yang sudah di vaksin dari kedua klub untuk hadir ke Stadion dan sebelum masuk, terlebih dulu mereka melakukan tes antigen dan tercatat di aplikasi Peduli Lindungi. Kita akan melihat dulu bagaimana uji coba tersebut dan jika berjalan lancar aman serta terkendali, maka bisa diteruskan dalam pertandingan Liga 1 seri empat dan lima di Bali," tambahnya.

Adapun pertandingan delapan besar Liga 2 yang akan dihadiri penonton di Stadion Pakan Sari Bogor salah satunya adalah laga RANS Cilegon FC melawan Persis Solo pada 15 Desember di mana mereka adalah orang-orang terpilih hasil diskusi yang melibatkan klub.

Baca juga: Delapan besar Liga 2 pada 15-23 Desember disertai kegiatan tatap muka

Selain itu suporter yang hadir harus menerapkan protokol kesehatan guna terhindar dari virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Mantan Kapolda Jawa Barat juga meminta dukungan dari seluruh pihak terkait, termasuk dengan masyarakat agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Mohon doanya dan peran serta di bawah inisiasi pak Menpora. Kita tahu Piala AFF 2020 di Singapura sudah ada suporter dan mereka tertib. Kami imbau penonton harus tiru tingkah positif seperti itu," pungkas Iwan Bule.

Baca juga: Menpora akan koordinasikan uji coba penonton di Liga 2 dengan Luhut

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021