Jakarta (ANTARA) - American Film Institute (AFI) pada Rabu (8/12) waktu setempat mengumumkan daftar pemenang penghargaan AFI Awards 2021 untuk film dan serial televisi terbaik, termasuk film “Dune”, “West Side Story”, hingga serial “Squid Game”.

AFI membagi tiga kategori penghargaan yang dianggap mewakili pencapaian budaya dan artistik pada tahun ini, mencakup 10 film terbaik, 10 serial televisi terbaik, dan 3 penghargaan khusus (special awards).

Baca juga: Daftar pemenang People's Choice Awards 2021, BTS raih tiga penghargaan

Daftar pemenang AFI biasanya memberikan gambaran sekilas mengenai kemungkinan kandidat yang akan masuk ke Oscar pada tahun depan.

“AFI merasa terhormat untuk menyoroti film dan serial paling luar biasa tahun 2021 dan mereka yang bekerja secara kolaboratif untuk menghadirkannya ke layar besar dan kecil,” kata Presiden dan CEO AFI Bob Gazzale, dikutip dari Deadline pada Kamis.

Daftar pemenang didominasi oleh film-film dari sutradara ternama, film “West Side Story” karya Steven Spielberg, “Dune” karya Denis Villeneuve, “CODA” karya Sian Heder, “The Power of the Dog” karya Jane Campion, hingga “The Tragedy of Macbeth” karya Joel Coen.

Sementara untuk kategori serial televisi, AFI Awards tahun ini memberikan penghargaan kepada "Hacks", "Maid", "Mare of Easttown", "Succession", "Ted Lasso", hingga "Wandavision".

Sementara kategori Special Awards diberikan untuk karya yang berada di luar kriteria konvensional AFI, seperti produksi non-Amerika atau jenis media lainnya, diberikan kepada “Belfast”, “Squid Game”, dan “Summer of Soul”.

Baca juga: ITZY dan aktor "Squid Game" Heo Sung Tae akan kolaborasi di MAMA 2021

Gazzale mengatakan para pemenang AFI pada tahun ini mewakili latar dan cerita yang beragam serta berwarna.

“Ini semua adalah kisah yang telah menyatukan kita di masa yang tidak pasti seperti sekarang dan terus mendorong budaya ke depan,” katanya.

Pemilihan film dan serial terbaik itu dilakukan melalui proses penjurian yang terdiri dari kalangan seniman, kritikus, cendekiawan, dan pembina AFI.

Penghargaan akan secara resmi diberikan kepada para pemenang dalam acara AFI Awards pada 7 Januari, bertempat di Four Seasons, Los Angeles, Amerika Serikat.

Berikut daftar pemenang AFI Awards yang tidak diurutkan berdasarkan peringkat.

Kategori "Movies of The Year":
1. CODA
2. Don’t Look Up
3. Dune
4. King Richard
5. Licorice Pizza
6. Nightmare Alley
7. The Power of the Dog
8. Tick, Tick… Boom!
9. The Tragedy of Macbeth
10. West Side Story

Kategori "​​​​​​​Television Programs of The Year":
1. Hacks
​​​​​​​2. Maid
​​​​​​​3. Mare of Easttown
​​​​​​​4. Reservation Dogs
​​​​​​​5. Schmigadoon!
6. Succession
​​​​​​​7. Ted Lasso
​​​​​​​8. The Underground Railroad
​​​​​​​9. Wandavision
​​​​​​​10. The White Lotus .

Kategori "Special Awards":
1. Belfast
​​​​​​​2. Squid Game
​​​​​​​3. Summer of Soul


​​​​​​​Baca juga: "Squid Game" raih tiga nominasi di Critics Choice Awards

Baca juga: "Squid Game" menang penghargaan di Gotham Awards 2021

Baca juga: "Dune" tayang di HBO GO mulai 9 Desember

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021